Daftar Kategori Blog

Kamis, 20 September 2018

Komunikasi Produktif Hari ke #8 - Sharing dengan adik

Hari ini saya ingin berbicara dengan si kakak soal sharing mainan dan buku dengan adiknya. Beberapa kali saya melihat si kakak selalu dominan dan menggunakan kekuatannya untuk mengambil mainan dan buku adiknya. Adiknya ahirnya menangis. Selama ini saya diamkan karena memang adiknya masih bayi dan belum mengerti. Sekarang si adik mulai mengerti dan saya merasa si kakak perlu untuk diberi pengertian.

Kali ini saya berbicara dengan kakak dimalam hari sebelum dia tertidur. Saya menerapkan " Ganti nasihat dengan refleksi pengalaman". Saya berbicara dengan kakak mengapa kakak selalu tidak mau berbagi dan ingin memiliki semua mainannya sendiri. Si kakak berbicara kalau tidak mau diganggu karena sedang konsentrasi membaca dan bermain. Saya ahirnya berbicara " kakak, mama pernah suatu saat sedang membaca dan tante datang ingin membaca buku yang mama baca. Mama memang sebal waktu itu karena mama senang buku ini. Ahirnya mama mencari buku lain dan mama dan tante membaca bersama " si kakak menangkap kata kata yang saya berikan dan berbicara kalau " nanti kakak mau baca buku bareng sama adik ". Alhamdulillah si kakak mau mengerti

#hari8
#gamelevel1
#tantangan10 hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
#institutibuprofesional

0 komentar:

Posting Komentar

 

HAPPY MOMMY STORIES Template by Ipietoon Cute Blog Design