Daftar Kategori Blog

Jumat, 07 September 2018

Komunikasi Produktif Hari #1 - Ke dokter

Alhamdulillah games pertama tantangan pertama di kelas bunda sayang. Kali ini tantangannya 10 hari komunikasi produktif. Terkadang kita memang berkomunikasi tetapi itu kurang produktif jadi tidak mengena dan tidak masuk penyampaiannya. Terutama sama anak anak karena saya pribadi masih menyamakan komunikasi dengan anak dan dengan orang dewasa. 
Maka dari itu, saya memilih dalam tantangan kali ini berkomunikasi dengan anak sulung saya si Kakak yang sekarang 5 tahun dan dalam fase yang sering menayakan "why" kalau setiap dikasitau dan senang berdebat sampai dirasa masuk akal dalam pikirannya apa yang saya ucapkan baru dia mau lakukan. 

Komunikasi produktif pada anak ( sumber : ebook komunikasi produktif - Bunda sayang ibu profesional ) :
1. KISS ( Keep Information Short and Simple )
2. Kendalikan intonasi suara dan berikan suara ramah
3. Katakan apa yang kita inginkan
4. Fokus kedepan bukan masa lalu
5. Ganti kata tidak bisa menjadi bisa
6. Fokus dengan solusi bukan pada masalah
7. Jelas dalam memberikan pujian dan kritikan
8. Ganti nasehat dengan refleksi pengalaman
9. Ganti kalimat intograsi dengan observasi
10. Ganti kalimat mengalihkan perasaan dengan kalimat empati
11. Ganti perintah dengan pilihan

Hari ini si kakak pagi sudah merasa sakit badannya. Bangunnya pagi subuh dan mengeluh sakit tenggorokan dan hidungnya. Karena si kakak terbangun jadi semua sekeluarga bangun termasuk si bayi. Seminggu sebelumnya memang si kakak kedokter karena tenggorokannya merah dan belum ada telepon dari klinik soal hasilnya. Kalau tidak ada telepon bisa dianggap tidak ada masalah. Tapi ini setelah seminggu si kakak mengeluh sakit dan rencana saya bawa ke klinik sebelum kesekolah. Kebetulan klinik dekat dan bukan jam 8 jadi masih ada waktu sebelum si kakak sekolah.

Sebelum saya bilang mau ke klinik si kakak sudah bilang nggak mau sekolah dan nggak mau kedokter. mau istirahat saja karena memang terahir kedokter dia agak nggak suka dengan cara dokternya periksa tenggorokannya. Si kakak yang bisa dibilang "suka beralasan " jadi saya coba berkomunikasi positif dengannya " Fokus pada solusi, bukan masalah". 

sebelumnya kalau begini saya akan bilang "Tuh, kakak banyak makan es terus nggak minum vitamin jadinya batuk kan.Kakak kedokter mama antar. cepet ganti baju " dan si kakak bakal teriak nangis nggak mau kedokter harus dipaksa beberapa lama.

Kali ini saya menerapkan kaidah komunikasi produktif fokus pada solusi bukan masalah. Saya bilang ke si kakak " Kak, kakak sakit dan harus kedokter. Mama temanin kakak kedokter. Kalau dokter bilang kakak harus dirumah, kakak dirumah sama mama. Kalau dokter bilang kakak bisa sekolah, kakak mama antar sekolah" dan nggak lama si kakak yang biasanya rewel langsung ganti baju sekolah dan siap ke klinik.

Tantangan hari pertama kali ini sukses buat si kakak yang kebetulan lagi sakit dan rewel. Tetap semangat dan konsisten berkomunikasi produktif sama si kakak.

#hari1
#gamelevel1
#tantangan10 hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
#institutibuprofesional

0 komentar:

Posting Komentar

 

HAPPY MOMMY STORIES Template by Ipietoon Cute Blog Design