Daftar Kategori Blog

Minggu, 09 September 2018

Komunikasi Produktif Hari Ke #3 - Makan

Lanjut di hari ke 3 berkomunikasi produktif dengan si kakak. Hari ini pagi saya bekerja sampai sore jadi baru bisa berkomunikasi enak dengan si kakak disore sampai malam hari. Si kakak yang seharian main dengan ayah dan adiknya tampak senang walau kata ayahnya terkadang mereka bertengkar dan si kakak yang menangis. Sedih tapi ya lucu juga kakak dan adik.

Hari ini si ayah bilang kalau si kakak makannya nggak bagus. Makan sedikit terus nggak dihabiskan padahal dia yang ambil sendiri dan ganti makanan lain tapi juga tidak dihabiskan. Si kakak memang beberapa hari ini sedang sakit tetapi masih mau makan dan minum. Saya sudah masak juga tapi si kakak nggak mau makan atau terkadang makan sedikit dan ahirnya dia menyisakan makanan. Kali ini saya ingin menerapkan kaidah 7-38-55 ke si kakak biar dia mau makan makanan yang disediakan dan mengambil sesuai porsinya.

Saat makanan sudah siap dan sudah waktunya makan malam. Si kakak mulai duduk manis di meja makan. Saat itu juga saya berkata ke kakak dengan intonasi yang agak tegas, memeluk si kakak dan berbicara " kakak makan secukupnya ya. Ambil yang kakak mau dan habiskan " si kakak menatap mata saya dan mengambil makanan dipiringnya dan saya berkata " kakak, makanan yang dipiring tolong dihabiskan ya yang kakak ambil". Si kakak mengangguk. Hampir beberapa suap si kakak mulai malas makannya dan tinggal 2 sendok lagi. Saya menerapkan kaidah 7-38-55 dan berkata " kakak, makannya dihabiskan" sambil menatap wajahnya dan benar saja makanan yang dia ambil kali ini habis tak bersisa. Alhamdulillah. Walau harus berkali kali berkomunikasi dengan kakak tetapi kali ini si kakak sukses makan tanpa bersisa.





#hari3
#gamelevel1
#tantangan10 hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
#institutibuprofesional

0 komentar:

Posting Komentar

 

HAPPY MOMMY STORIES Template by Ipietoon Cute Blog Design