Daftar Kategori Blog

Sabtu, 08 September 2018

Komunikasi Produktif Hari #2 - Ganti Baju

Hari ini setengah hari si adik dan kakak ber 3 sama ayah karena saya kerja. Bangun tidur langsung siap kerja jadi pagi tidak bisa komunikasi dengan kakak. Sepulang kerja baru berusaha komunikasi dan mempraktekkan komunikasi produktif. Sore ini si ayah mengajak ke pantai padahal angin agak kencang dan dingin tapi matahari bersinar terang. Saya menyiapkan baju dan memakaikan pakaian buat adik sementara si kakak kebingungan menyiapkan perlengkapannya untuk keluar rumah. Kali ini saya ingin menerapkan cara komunikasi produktif " Keep Short and Simple (KISS)" karena saya merasa waktunya pas buat menyelesaikan masalah si kakak sore ini. Biasanya kalau dia kebingungan menyiapkan sesuatu, saya akan berucap " kakak cepetan siap siap ditunggu 5 menit terus kita berangkat. Pakai baju pakai celana jangan lupa sepatu sama kaos kakinya " dan ahirnya butuh waktu lebih dari 5 menit karena kakak bingung pakai baju yang seperti apa terkadang baju dalam thermal saja dia pakai dan bawahan celana tidur. Saya merasa dia kurang paham dengan perintahnya. Ternyata sepertinya perintahnya kurang simple dan dia merasa bingung ahirnya memiliki pemahaman sendiri.

Ahirnya sore itu saya berkata ke kakak " Kakak, ganti baju pakai dalaman panjang dan baju panjang " setelah pakai baju, kemudian si kakak bertanya " terus apa lagi ma " saya berkata " pakai celana panjang dan sepatu ya ". Horaaayy dan si kakak bersiap lebih singkat daripada sebelumnya. Alhamdulillah kemajuan buat komunikasi saya kepada si kakak.

Diperjalanan saya memerlukan GPS dan ternyata saya tidak menemukan colokan untuk menyalakan gps di mobil. Si kakak bertanya apa yang saya cari dan dia membantu menemukan colokan setelah mencari di beberapa sudut didalam mobil. Kali ini saya ingin menerapkan cara komunikasi produktif " Jelas dalam memberikan pujian ". Saya berkata ke kakak " kakak, mama senang dengan kakak menolong mama menemukan colokan GPS. Terima kasih ya kakak" dan dia tersenyum bahagia sambil berkata "sama sama mama". Perjalanan jadi menyenangkan dengan komunikasi produktif kali ini.

#hari2
#gamelevel1
#tantangan10 hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
#institutibuprofesional

0 komentar:

Posting Komentar

 

HAPPY MOMMY STORIES Template by Ipietoon Cute Blog Design