Daftar Kategori Blog

Kamis, 20 September 2018

Komunikasi produktif Hari #9 - Hargai Uangmu

Hari ini saya sedang memikirkan topik untuk dibicarakan dengan si kakak. Sebelum topik muncul, si ayah sedang mencari uang yang kakak bawa untuk membeli buku lego yang sudah dia inginkan sebelumnya. Awalnya si kakak membawa uang itu kemana mana dan tidak membolehkan untuk dibawa atau disimpan oleh ayah dan mama. Kali ini si ayah meminta uangnya untuk disimpan dan digunakan membeli buku. Si ayah mencari ke semua jaket ternyata tidak ditemukan. Kakak juga bingung dimana dia menyimpan uangnya karena sudah lama tidak disimpan. Si ayah marah ke kakak karena merasa tidak bertanggung jawab. Kakak menangis karena uangnya hilang dan ayah marah karena kakak tidak bertanggung jawab. Lucunya, si kakak menggambar uang di kertas dan memberikannya ke ayah. Saya ingin tertawa tetapi juga itu salah.

Ahirnya setelah beberapa menit si kakak dan ayah menenangkan diri, saya berusaha berkomunikasi dengan kakak. Saya ingin menerapkan "fokus pada solusi bukan masalah " saya ingin si kakak mengambil pelajaran dari kesalahannya kali ini menghilangkan uang. Saya berbicara kepada kakak "kakak, mama tahu kakak pingin beli buku. Mama sudah ingatkan kakak untuk menyimpan baik baik uang kakak. Mama sudah meminta uangnya untuk disimpan juga. kali ini kalau kakak punya uang, mama berikan dompet kecil buat menyimpan uang dan dompet ini ditaruh diatas lemari dan hanya bisa diambil saat tertentu aja dan harus seijin mama atau ayah ". Si kakak mengangguk dan menaruh sisa uangnya diatas lemari dan menabung untuk membeli buku selanjutnya.

#hari9
#gamelevel1
#tantangan10 hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
#institutibuprofesional

0 komentar:

Posting Komentar

 

HAPPY MOMMY STORIES Template by Ipietoon Cute Blog Design