Daftar Kategori Blog

Senin, 20 Februari 2017

Trisemester Ketiga Kehamilan

Kali ini cek ke midwife setiap 2 minggu sekali. lumayan dah da bawa perut besar. Alhamdulillah masih kuat jalannya. bulan ke 7 sama 8 jalannya masih semangat pakai sabuk hamil. bulan ke 9 rasanya adik ni udah kebawah aja mana kalau tidur bisa per 2 jam bangun dan lebih sering kram jadi mesti sering istirahat. Normal kata bidan selama nyerinya nggak sering dan nggak pendarahan atau kontraksi hebat.

kalau trisemester tiga gini mesti diwaspadai kalau gerakan bayi berkurang. nah disini definisi gerakan bayi itu nggak sama kayak di Indo. dulu di Indo harus dihitung berapa gerakan bayinya. masih inget dokter suruh taruh uang receh di tempat buat tau gerakan bayi. kalau disini polanya aja. biasanya geraknya pagi, siang atau malam dan apakah geraknya mulet, nendang atau lainnya. kalau lain dari pola bisa dicurigai dan bisa dipancing dulu apakah memang males gerak atau kenapa2.  biasanya mancingnya pakai soda pasti gerak kata bidannya. Kalau pendarahan dan kontraksi hebat juga siap2 kerumah sakit langsung.

Kali ini kunjuungan nipper terahir sebelum lahiran. Bawa ayah juga..hee..lumayan dapet 2 voucher dan bisa mensuksekan partisipan nipper (ada maunya..hiiii). ahirnya ketauan juga berat badan si ayah yang aduhai dahh..haaa...kali ini nggak lama cuma ambil darah aja dan isi pertanyaan. dibawain bak isinya nanti sampel placenta dan darah yang bakal diambil sama tim nipper waktu lahiran.

Yapp scan terahir 35 weeks. kali ini bawa rombongan ya ayah ya kakak. azka pikir bayinya bakal lahir ternyata cuma liat aja.haaa..sedikit kecewa tapi pulang bawa foto adik da seneng banget si azka. kali ini juga dipetakan growth chartnya. Alhamdulillah normal. tapi dahhhh masa berat bayiku udah 3,1 kilo aja padahal kenaikan berat badanku cuma 11 kilo. haaaa...agak takut juga tapi nunggu dah sampe bidan bilang apa. sebelumnya orang nipper bilang kalau bayiku besar cuma aq g tau aja. dan ternyata besar dah.




tetep bisa anter azka jalan sekilo senin sampai kamis. jumatnay istirahat sabtu minggu lanjut belanja. walau berat juga tapi dinikmati dah sebulan lagi lahiran udah. dan sempet juga belanja baju dan bawa barang juga.haaaaaa..antri berdiri setengah jam.wakaaaa...kuat ya dekkk.

Kunjungan ke bidan mulai 36weeks jadi setiap minggu. 36 weeks si ayah sama kakak ikutan kebidan. Bidan menjelaskan beberap tahapan kelahiran dan apa yang dipersiapkan selama kelahiran. Bagaimana menghitung kontraksi dan tanda tanda menjelang kelahiran. Hampir sama yang didapet waktu kelas kehamilan. Lumayan satu jam pertemuan dan ayah jadi ngerti soalnya pas kelas kehamilan nggak ikutan si ayah.Si dedek sudah di bawah posisinya dan bidan memperkirakan 2 minggu lagi mungkin lahiran dengan estimasi berat badan bayi 3,8 kilo. Pada saat lahiran diusahakan berdiri tidak dalam posisi tidur.

Bidan juga bilang penyesuaian setelah kelahiran itu selama 6 minggu. Jadi bisa jadi selama ini minta tolong suami atau teman kalau susah dalam masak, bersih2 dan menjaga kakak. selama masa ini juga bisa jadi adanya depresi atau baby blues. Ini juga dibahas waktu kelas kehamilan Yang penting adalah bayi dan ibu jadi lainnya bisa minta bantuan suami.

Karena mendekati kelahiran, jadi siap2 dah sama  barang2 yang dibawa ke rumah sakit dan klinik bersalin setelah kelahiran.
Barang Mama (3hr di birthcare dan beberapa  jam di rs) :
- Baju tidur 2 pcs
- Baju santai 2 pcs
- Dressing gown, mirip kyk baju kl abis mandi gitu. di checklist ada cuma gtau dah kapan dipakenya ini
- Slipper / sandal
- Toiletris (sabun, shampoo, pasta gigi, handuk dll)
- Maternity pads (disediakan juga di birthcare, cuma jaga2 aja )
- Breast pad
- Baju buat pulang
- Makanan dan minuman selama kontraksi dirumah sakit
Semua baju bukaan depan biar gampang akses menyusuinya. Pakai baju saat hamil soalnya badan juga belum kembali seperti semula.
Barang bayi :
- Baju tidur bayi 2 pcs
- Baju bayi lengan pendek 2 pcs
- Penutup kepala 2 pcs
- Kaos kaki 2 pcs
- Selimut (pas pulang)
- Singlet bayi
- Nappy (disediakan juga di rumah sakit, cuma jaga2 aja)
- Car seat ( Buat pulang)
Ditempatkan sendiri2 terpisah antara perlengkapan bayi dan perlengkapan ibu agar bidan mudah dalam mengambil bajunya tidak jadi satu

Jangan lupa juga survey rumah sakit. Dimana tempat drop zone, tempat parkir, berapa bayar parkirnya, siapkan uang tunai, lantai berapa tempat lahiran. Semua ini perlu juga soalnya pas lahiran jadi bingung ntar kalau nggak survey duluan.

Mulai cuci2 dan steril perlengkapan  bayi karena pada usia segini bisa saja lahiran. Mesti siap2 dan saya cuci perlengkapan bayi pakai laundry bayi. Mestinya nggak juga gpp cuma awalan aja dah. terima kasih buat temen2 yang udah kasi perlengkapan bayi dari baju sampai perlengkapan mandi. seneng dahh..peyukkk

Tetap jalan kaki minimal 30 menit sehari.Cek kondisi gerakan bayi juga. Tetap semangat menunggu launching.





0 komentar:

Posting Komentar

 

HAPPY MOMMY STORIES Template by Ipietoon Cute Blog Design