Daftar Kategori Blog

Senin, 20 Februari 2017

FREE Kelas Kehamilan (Antenatal Class) dari Council dan Plunket

Daftar mulai 4 bulan hamil dapet antriannya di 8 bulan kehamilan.hee..gpp lah free pula bisa cek Disini buat daftarnya untuk yang dari council lokasinya beragam. lumayan dah 2 hari free. Hari pertama hari rabu di birthcare parnell jam 6 sampai 9 malem. yang lain pada bawa pasangannya, aq aja dah sendirian padahal bisa bawa teman.haa.gpp dahh biar mudah diingat sama orangnya.

Hari I yang dibahas :
- LMC appointment
ini soal milih bidan dan dokter dan beberapa kali tes darah juga scan usg. pas udah 8 minggu diusahakan sudah ada bidan atau dokter yang dituju selama kehamilan.
- Pregnancy Immunisation
Imunisasi whooping cough gratis buat bumil di 30weeks kehamilan nanti bisa langung ke GP atau dokter
- Smokefree  & Alcohol free
Selama hamil dijaga jangan sampe dekat atau minum alkohol sama merokok karena bahaya buat janin.
- Diet & exercise
selama hamil hindari makanan yang tidak matang. Tetap jalan minimal 30 menit sehari, berenang dan olah raga ringan.
- Safe sleeping
Tidurnya bayi diusahakan terpisah dari orang tuanya, tanpa bedong, bantal dan selimut tebal. dibahas di bagian lain ya..
- Car seat
diusahakan umur car seat tidak lebih dari 6 tahun dan sudah sesuai dengan NZ standart.
- Labour stage 1,2,3,
Nah ini mulai mules sampai lahiran. kapan telepon bidan dan kapan ke rumah sakit jika kontraksi sudah per 5 menit. dibahas di bagian lain juga
- Skin 2 skin
Ini wajib setelah bayi lahir selama 45 menit
- First 72 hours
Ini 3 hari selama di birthcare mulai ukur bayi sampai kesehatan ibu. dibahas di bagian lain yak

Hari ke II yang dibahas :
- Newborn appareance
Nah ini kadang yang buat ibu2 kawatir pas bayinya lahir seperti kepalanya nggak rata, kulit keriput, kulitnya ada lapisannya nggak bersih, bagian kelamin agak membesar, ada jerawat atau keringat di badan bayi dan pantat bayi kehitaman.
Semua diatas itu normal dan akan hilang seiring usia bayi. jangan kawatir.
- Breastfeeding
dibahas mulai apa itu Letdown reflex, jumlah asi yang diperlukan bayi, perubahan asi ada hindmilk dan foremilk, siapa saja yang berpengaruh dalam asi termasuk keluarga dan lingkungan (ada komunitas tentang menyusui dan konsultan menyusui jika mengalami kesusahan), Latching on cara yang benar dalam menyusui
- Nappies, clothing
Jangan banyak2 beli baju bayi karena juga tidak dipakai lama. kalau newborn lebih baik pakai pampers atau pospak karena pipis bayi banyak dan pospak disini katanya nggak menyebabkan rash atau gatal. justru kalau pakai cloth diapers harus sering ganti dan pakai diapers cream. rash dalam bayi juga ada penyebabnya salah satunya bakal muncul kalau pas tumbuh gigi.hemmh...ilmu baru ini.

ini bagus banget buat ibu2 muda yang baru punya anak atau saya yang jaraknya lama dari anak pertama ke kedua atau ibu2 yang baru pertama melahirkan di new zealand. daftar saja gratis dan bermanfaat dah. kalau bisa dateng sama pasangan atau teman ya.





Berdasarkan apa yang dibahas diatas, dibandingkan dengan yang ada di Indonesia beberapa ada kesaamaan dan perbedaan. Mari dibahas :

1. Setiap ibu hamil harus punya bidan atau dokter,ini sama dengan yang disini. Setelah tau hamil langsung cus ke bidan atau dokter yang dituju bisa ke puskemas,praktek bidan dirumah atau dokter di klinik. Bedanya, disini umumnya 8 weeks baru ke bidan atau dokter dan tes darah, usg karena pada usia kehamilan segitu si janin kalau di usg kelihatan. Tapi bisa jadi kalau punya uang lebih bisa kedokter sekalian usg.Karena saya pakai jalur umum seperti BPJS di Indonesia jadi ikut aturan saja. Bisa saja langsung kedokter kandungan dengan biaya $150 per sekali kedatangan. Kalau di Indonesia, saya dulu hamil 5 weeks telat seminggu da buru2 kedokter dan usg dalam. Saat tau positif langsung datang ke bidan. Karena saya pakai working visa 2 tahun jadinya pelayanan kesehatan selama kehamilan gratis mulai dari kontrol dan tes darah, kecuali usg bayar $40 sekali datang.

Disini bidan juga ada bidan community dan independen. Bidan community tidak mendampingi selama lahiran, hanya pas kontrol saja. Bidan independen mendampingi selama lahiran dan kontrol. Bidan independen pada saat kita daftar harus cek apa bidan tersebut penuh atau tidaknya dan sesuaikan dengan lokasi tempat lahiran yang nantinya akan dituju. Kalau di Indonesia bidan juga mendampingi, tapi juga bisa nanti pas lahiran dengan bidan dan kontrol kedokter kalau ada biayanya.
Bidan juga datang 7x setelah kelahiran untuk cek ibu dan bayi selain imunisasi Kalau imunisasi di dokter.Di Indonesia kita yang datang kontrol ke dokter anak untuk imunisasi dan tidak dicek kondisi ibu. Jika ada apa2 bisa langsung kedokter.

2. Imunisasi Kehamilan
Disini imunisasi selama hamil wajib whooping cough atau batuk rejan. Diberikan saat kehamilan 30weeks dan gratis di dokter. Imunisasi lainnya bisa menyesuaikan, terkadang ada juga pada saat ibu hamil di summer season, banyak anak kecil yang kena cacar air jadinya kalau belum punya imun cacar bisa minta imun cacar yang sebelumnya bisa cek darah dulu apa kita punya imun cacar atau tidak.

selama di Indonesia saya tidak direkomendasikan oleh dokter imunisasi apapun. Hanya makan makanan yang bergizi dan minum vitamin yang diberikan dokter.

3. Smokefree, Alkohol free
Disini selama hamil harus bebas alkohol dan rokok. Kalau perlu bantuan untuk meyakinkan keluarga atau membuat suasana rumah menjadi bebas alkohol dan rokok ada wadahnya. Rokok dan alkohol bisa membahayakan janin.

Di Indonesia karena jarang perempuan yang merokok dan minum alkohol, dokter juga jarang memberitahu kecuali beberapa orang yang memang aktif dalam rokok dan minum. Tapi semua orang sudah paham kalau hamil tidak boleh merokok dan minum alkohol.

4.Diet dan Excercise
Disni ada beberapa pantangan makanan sama juga dengan di Indonesia termasuk makanan mentah, beberapa jenis ikan yang mengandung merkuri tinggi, keju, mayonaise yang bahannya dari makanan mentah. ada bebeberapa list makanan yang dihindari dan dibatasi yang diberikan oleh bidan termasuk kopi yang dibatasi sehari 3 cup kecil. Makanan diusahakan banyak sayur dan buah dimulai dari kehamilan bulan awal.

Dari awal kehamilan disini diusahakan tetap beraktifitas dan jalan kaki minimal 30 menit sehari tidak hanya pas mendekati lahiran tetap melakukan olahraga ringan selama kehamilan tidak membahayakan kondisi ibu dan anak. Waktu itu saya pas pendarahan juga setelah pendarahan berhenti tetap disuruh jalan kaki. Kalau di Indonesia terutama pas awal  kehamilan diusahakan tidak terlalu capek dan kalau pendarahan dikasi penguat kandungan. Jalan banyak pada saat mendekati lahiran (pengalaman saya),

5. Safe Sleeping

- Disini bayi sampai 1 tahun harus ditaruh di tempat terpisah dari orang tua dan saudaranya. Bisa di Cot, Bassinet atau mosses basket. Saya pakai mosses basket karena kecil dan tidak banyak tempatnya, bisa dibawa kemana saja dan bisa ditaruh diatas tempat tidur. Kalau di Indonesia seperti matras bayi.
- Selain itu, bayi tidak boleh diberikan bantal, jangan takut peyang karena tergantung posisi tidur bayi. Kalau pagi menghadap kanan, dan malam menghadap kiri.
- Bayi juga diberikan selimut tetapi tidak tebal.
- Bayi tidak dibedong, biarkan tangan bebas. ada bedong bayi tapi tangannya bebas jadi hanya kaki saja yang tertutup itu juga tidak ketat.
- Bayi tidak diberikan penutup tangan karena alasan keamanan dan kenyamanan. usahakan memotong kuku bayi secara rutin.

Kalau di Indonesia saya dulu bayi sudah tidur dengan orang tuanya, kalau malam dibedong, pakai bantal peyang dan selimut selama tidur.

6.Car seat
Disini wajib kalau bepergian dengan mobil, bayi ditaruh di car seat. Diusahakan car seatnya umurnya tidak lebih dari 6 tahun dan sesuai dengan standart new zealand. Kecuali kalau naik kendaraan umum bisa digendong atau ditaruh di stroller

Kalau di Indonesia tidak umum penggunaan car seat, bayi setelah lahir dibawa digendong biasa dan diberikan selimut selama perjalanan.

7. Labour Stage
Disini bukaan 6 baru boleh ke rumah sakit dimana selama 10 menit kontraksi 3x dengan jarak per kontraksi 90 detik. itu juga konfirm dulu ke bidan. Kecuali pecah ketuban banyak dan keluar darah banyak lebih dari 1 cup baru langsung ke rumah sakit. Ada telepon khusus langsung ke bagian labour di rumah sakit untuk memastikan apa bisa langsung kesana atau menunggu dulu. Diberikan beberapa pilihan pain relief untuk mengurangi rasa sakit selama kontraksi, salah satunya gym ball. Diusahakan tidak tiduran selama kontraksi. harus banyak jalan atau pakai gym ball untuk mempercepat bukaan. Pada saat lahiran juga tidak menunggu sampai bukaan lengkap baru mengejan. Pada saat ingin mendorong boleh mengejan.

Kalau di Indonesia pada saat mulai mulas bisa langsung ke rumah sakit atau tempat bidan sambil menunggu kontraksi. jarang ditemui diberikan pain relief untuk mengurangi sakit. pada saat kontraksi umumnya hanya tiduran dan menunggu sampai bukaan lengkap dan harus menahan rasa sakit tidak boleh mengejan sebelum bukaan lengkap.

8. Skin 2 skin
Disini skin 2 skin dilakukan selama 45 menit langsung setelah lahir sambil bidan membersihkan bagian vagina. walau cesar juga tetap dilakukan selama ibu masih kuat dan tidak mengalami pendarahan hebat.

Di Indonesia dulu saya tidak diberikan kesempatan skin 2 skin karena dokter mengatakan saya capek ahirnya disuntik tidur. tetapi beberapa klinik dan rumah sakit bisa memberikan skin2skin kalau mengatakan dari awal sebelumnya.

9. 72 Jam pertama
Disini pengecekan dilakukan sampai 72 jam untuk bayi dan ibu dalam kelahiran normal dan dipindah tidak di rumah sakit tetapi di klinik bersalin.Termasuk diberikan imunisasi vitamin K.

Di Indonesia bayi dicek langsung setelah lahir dan diberikan imunisasi. Tidak sampai 3 hari di rumah sakit sudah pulang selama semua kondisi normal.

10. Newborn Appareance
Disini umum dan wajar bentuk bayi saat lahir kepala tidak rata, ada benjolan, ada jerawat, kulit menghitam dan lainnya.

11. Menyusui
Disini langsung setelah bayi lahir skin2skin dan menyusui. Diberikan ruangan jadi satu antara ibu dan anak agar bisa langsung menyusui kapanpun. Kalau ada masalah bidan akan memberikan bantuan dan ada komunitas menyusui agar proses menyusui berjalan lancar. Tidak dianjurkan susu formula kecuali alasan medis dan prematur.

Di Indonesia saya dulu bayi lahir di rumah sakit diberikan susu formula dan ditanya merknya apa dan diberikan dengan dot. Alasannya susu belum keluar dan bayi bisa kelaparan. Harus cari rumah sakit, dokter dan klinik bersalin yang pro ASI.Kalau ada masalah terkadang dokter anak atau bidan juga tidak seberapa mengetahui. Beberapa ada konselor laktasi dikota2 besar.

12. Nappies dan Clothing
- Disini dianjurkan pakai pospak buat newborn karena banyaknya pipis dan menghindari rash pada bayi. Kalau pakai cloth diaper harus dibesihkan rutin dan diberi diapers cream.
- Tidak pakai bedak, minyak kayu putih. Hanya sabun bayi biasa dan lotion bayi untuk melembabkan kulit bayi.
- Baju disesuaikan dengan kondisi. Kalau summer, bayi diberikan baju lengan pendek dan tidak dibedong kencang. Kalau winter, diberikan baju wool hangat.

- Diindonesia, azka dulu pakai popok kain sampai 3 bulan karena kalau pakai pampers biasanya ada rash nya jadi dipakaikan popok sampai tidak cukup lagi popoknya.
- Pakai bedak, minyak telon lengkap dah sampai minyak wangi bayi
- Baju dipakaikan baju tebal apalagi kalau mau keluar rumah lengkap dengan selimutnya. padahal panas bener udara. Kalau dirumah bisa pakai baju tipis tapi tetap dengan pakaian dalam singlet.

Hemmh..banyak  juga ilmu baru yang didapet dari kelas kehamilan ini. Mestinya ini kelas kehamilan buat ibu baru. cuma saya ibu baru yang lahiran disini hee..modus dahh dan karena ini gratis jadinya ikutan aja nambah ilmu kan lumayan.

Selain itu bisa juga ikutan kelas parenting dari plunket. diutamakan pas trisemester ketiga kehamilan (Your New Baby) .Free seminggu sekali selama 3 minggu. Mengetahui bayi sampai 6 weeks. bisa kontak plunket di area masing masing. cek Disini
- Looking after yourselves/ The role of the baby and parents/ Parenting role models
- New Baby communication; crying and sleep/ New baby appearance/ Bedding and sleep safety
- Feeding your baby
- Baby essentials; bathing, clothing; nappies, transporting baby
- Life and relationship changes; coping with change and challenges
- Support, Well Child Services and Immunisation/ Supports to aid adjustment/Returning to paid work/ Immunisations








0 komentar:

Posting Komentar

 

HAPPY MOMMY STORIES Template by Ipietoon Cute Blog Design