Daftar Kategori Blog

Senin, 20 Februari 2017

Trisemester Kedua Kehamilan

Kali ini ceritanya digabung aja dah ya.akibat kelamaan jarang nge blog nih dah. Trisemester kedua kali ini enak bener hamilnya. seperti nggak hamil aja. bisa jalan kemana2 bisa ngemall, anter jemput azka, bawa barang berat, belanja. dah nyaman bener. Alhamdulillah kuat si adek bisa diajak kemana2 aja.nggak pakai mual, muntah atau lainnya di awal2 trisemester kedua. yippieee..

Tapi ternyata nggak lama juga sampai ahirnya nge flek (spotting). Pengalaman dari trisemester pertama kayaknya aman2 aja. biarin dah aq pikir kecapean karena abis diajak jalan ke dressmart pulangnya jalannya nanjak sampai rumah nge flek. istirahat 2 hari alhamdulillah ilang nge fleknya. ehhhh selang 1 minggu nge flek lagi pas ini ajak azka katanya mau liat elmo di henderson. padahal juga naik kereta. mungkin karena antri foto berdiri hampir setengah jam jadinya capek gak dirasa. dan ini juga pede bener dah mungkin kecapean. istirahat 2 hari nge fleknya ilang. dann ahirnya nge flek yang ketiga. pas ini kayaknya nggak kecapean juga. ahirnya telepon bidan bilang apa ini wajar apa nggak. ternyata pendarahan atau flek di trisemester kedua itu bisa jadi berbahaya. weewwwww..langsung disuruh ke rumah sakit dah

di rumah sakit langsung ke woman assesment unit di lantai 9. sebelumnya telepon dulu janjian. nunggunya lama juga kyknya ini ugd khusus ibu hamil.hee..seperti klinik tapi di rumah sakit. sampai sana disuruh nunggu diruangan. dicek detak jantung bayi dan rebahan. hampir 4 jam dah disana. ditanyai sama 2 dokter tentang kondisi dan flek yang terjadi. dicek juga bagian dalam sapatau ada pembukaan.sempet keluar darah cuma nggak banyak. ahirnya di pap smear juga sekalian. ngeri juga mana sendirian pula. ahirnya, dokter dateng ber 2 bilang kalau mestinya opname aja (nooooo....) seram niii tp aq minta pulang aja lha nge fleknya udah nggak. ahirnya dikasi pulang tapi minggu depan disuruh scan usg lagi dirumah sakit untuk memastikan kondisi bayinya. dan dikasitau juga kemungkinan lahir prematur dan mesti scan usg setiap minggu sekali (huaaaaaaaaaaaaaaaaaa.....) pas itu pulang dengan keadaan galau dah. serem amat dahh..




minggu depannya usg tapi di greenlane bukan di auckland hospital dan langsung ketemu sama dokter. alhamdulillah dokter bilang nggak ada masalah berarti dan nggak tau juga kenapa bisa gitu. dalam hati mungkin kecapean kali ya. nggak disuruh istirahat juga, aktifitas biasa aja. dan nggak perlu scan tiap hari, hanya biasa aja dan nggak ada kemungkinan lahir prematur. Alhamdulillah dahh..


oia dicek juga karena aq sering banget keputihan tapi yang kental dan nggak berbau. Alhamdulillah itu normal aja katanya. fiuhh sempet ngeri juga aq pikir dari air ketuban.

soo..kalau pendarahan atau flek di trisemester kedua mesti hati2 dah harus cepet2 kedokter periksa sapatau placenta previa atau lainnya. jangan dianggap remeh ya demi anak. lebih baik ribet hasilnya baik daripada dibiarkan tar malah kenapa2 pula.

Di trisemester kedua juga dicek tes urin dan diabetes. Pas di tes darah, ternyata level iron agak rendah walau nggak rendah banget. ahirnya dikasi tambahan supplemen iron diminum 1hari 2x. awal minum sempet mual ternyata minumnya pake air yang banyak atau sambil makan.wekeee..
dan tes diabetes Alhamdulillah normal tapi mendekati tinggi. hasilku 39 tapi 40 da dibilang tinggi. jadi deh membatasi gula (padahal juga jarang banget minum pake gula sama ngurangi nasi karbohidrat )

kali ini kunjungan ke midwife juga bentar aja soalnya sebelumnya udah kedokter dan usg dan mulai trisemester ketiga kunjungannya setiap 2 minggu sekali.

kali ini pas kunjungan nipper karena dari pagi sampe siang ahirnya bawa si bocah dah. Alhamdulillah ada tempat mainan dan dibawain makanan jadinya anteng dari pagi sampe siang malah nggak mau pulang dan peluk nurse disana.haaaa..bocahh bocahh..tes diabetes mulai pagi sampe siang hampir 4 jam dan diambil darah per setengah jam. sebelumnya 12 jam nggak boleh makan cuma boleh minum aja. lapar dahhh..




gimana nggak betah dikasi makanan sama banyak  mainan.haaaa..besoknya bilang, ma..kalau check up azka ikut lagi ya..oalah bocahh..haaaa

trisemester kedua usg lagi.haaa...kayaknya hampir tiap bulan dah usg padahal mestinya selama hamil 5x aja. karena formnya belum kepake soalnya udah usg di rumah sakit, ahirnya kepake dah. sekalian growth chart liat perkembangan adik dari bulan ke bulannya. tetep ini gak bayar disponsori nipper. yippieee..


Alhamdulillah dari growth chartnya semuanya normal perkembangannya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

HAPPY MOMMY STORIES Template by Ipietoon Cute Blog Design