Daftar Kategori Blog

Kamis, 07 Januari 2016

Tips Hemat tinggal di Auckland ( versi saya )

beberapa bulan disini sudah sering berhemat mengencangkan ikat pinggang krn biaya mahal, pemasukan terbatas. hanya suami yang kerja itupun part time dan tidak lama waktunya. mgkn bisa dipakai tips ini dan semoga berguna :

1. Cari akomodasi yang murah. Di city ada beberapa akomodasi murah. salah satunya di railway. sudah terkenal murah. cari akomodasi kl tidak membawa anak cukup mudah di auckland. kl bawa anak cari yang bisa available untuk anak atau tinggal di suburb cari yang tidak jauh dari kota. pertimbangkan transportasi juga. bisa juga share room jadi tidak bayar terlalu mahal akomodasinya
kl mau murah cari apartemen yang full furnished jadi tidak perlu beli perlengkapan baru lagi.
klbisa cari apartemen yang sudah include water, power dan internet atau beberapa diantaranya. cari apatemen yang hangat jd g perlu pake heater terlalu lama.

2. Menghemat pengeluaran listrik :
A. kl mandi perlu air  hangat, panaskan dulu air dari kettle baru digunakan untuk mandi krn air panas membutuhkan listrik yang besar.
B. Pakai heater hanya 1 jam sebelum tidur, setelah tidur dimatikan dan gunakan electric blanket atau selimut tebal kalau perlu jaket berlipat2 plus sarung tangan, kaos kaki.
C. Pakai lampu LED hemat energy.  memang harganya mahal tapi lumayan mengurangi tagihan listrik
D. Gunakan tv seperlunya saja
E. kl bisa pakai laptop, kl pakai desktop listriknya terhisap banyak.
F. kl  mau masak sayur, lebih baik airnya dimasak di kettle listrik dulu baru dimasak di kompor biar hemat listriknya dikompor.

3. Meghemat pengeluaran air, kl mencuci manual usahakan jangan terlalu banyak membilas krn air yang digunakan akan banyak. usahakan 1 kali bilas saja.

4. Menghemat internet. kl dekat kampus bisa dapat sinyal wifi atau pakai penguat sinyal. kl sudah terpaksa beli paketan internet atau bisa share dengan teman se apartemen.

5. Menghemat transportasi :
A. kl pakai mobil, usahakan ada budget mingguan penggunaan BBM dan hanya digunakan untuk jarak jauh
B. Kl pakai transportasi umum, krn suami student jadi ada potongan biaya transportasi dan pada saat suami kerja dan kartu transportasinya tidak terpakai, bisa digunakan untuk dipakai.
C. Kl jarak dekat usahakan dengan jalan kaki saja krn disini sudah biasa berjalan kaki kemana saja
D. Lihat kl ada promo BBM murah langsung isi full

6. Menghemat biaya konsumsi :
A.Rajin2 hunting promo untuk makanan di pak n save, countdown atau toko asia.
B. dari beberapa tempat, pak n save termasuk murah untuk belanja perlengkapan bulanan
C. karena harga sayur dan ayam atau daging mahal. usahakan beli yang diskonan atau beli makanan beku ( froozen ) harganya jauh lebih murah  beli ikan dan sayur beku. Walo tidak sebaik yang fresh, tapi masih baik / lumayan kondisinya.
D. Buat budget bulanan untuk konsumsi.
E. Ikan murah di sunday market avondale beli yang $5 isi banyak bisa buat seminggu lebih.
F. selain lauk pauk, beli camilannya pasta atau mie. mie juga cari yang murah dan halal. bisa diakali kl kita beli mie instan indomie $6 isi 10, 1x buat mie itu bumbunya bisa dipake 2x. jadi 1 bumbu buat 2 mie dan mie satunya pakai mie yang homebrand murah $3 isi 10. pakai mienya saja bumbunya dibuang. lebih hemat..
G. di pak n save beli merk budget atau pams lebih murah. di countdown beli merk homebrand lebih murah.pelengkapan apapun mulai sabun cuci baju, pel lantai, makanan dll
H.camilan bisa beli puff pastry nnt diisi sama pisang atau buat spring roll sayur atau kebab. pakai merk homebrand kecuali spring roll beli di toko asia.
I. Telor beli ditoko asia lebih murah daripada swalayan ( kl swalayannya gak ada promo )

7 Menghemat biaya pulsa HP, beli paketan yang paling minim biasanya $20 buat sebulan lebih dan gunakan paket misal paket SMS, Paket tlp biar lebih hemat.

8. Menghemat pengeluaran perlengkapan rumah tangga:
A. Cari di trademe untuk barang second, dsni barang second masih kondisi bagus dan harganya juga lebih murah.
B. cari di salvation army, mercy hospice, red cross barang yang diperlukan harganya murah dan di daerah suburb pilihannya lebih banyak.semua dijual mulai perlengkapan rumah tangga sampai baju, sepatu dan mainan.
C. Tunggu waktu boxing day buat beli kebutuhan rumah tangga krn harganya lebih murah.
D. Biasanya setahun sekali ada hari buang2..nahh dsitu banyak barang yang masih  bagus. kadang dapat sofa, tempat tidur, rak tv sampai mainan anak. krn disini barang2 susah dan mahal buangnya jadi nunggu hari buang2 aja. tidak usah gengsi..kita hidup di negeri orang bow..mesti berjuang. hee..
F. liat di web freestuff atau garage sale biar dapet harga murah bahkan free..sering2 aja liat webnya.

9. menghemat biaya berobat :
A. Usahakan sudah endroll di GP dan dapat GP murah. Karena tidak semua klinik harganya sama. ada klinik yang murah dan mahal. Cek dulu sebelum daftar.
B. Kl sakit tidak parah ( hanya batuk, pilek, radang tenggorokan biasa ) beli saja paracetamol dan istirahat yang cukup.
C. Usahakan jangan sakit gigi krn sakit gigi disini sedih dan sakit biayanya mahall..bisa $300 buat cabut satu gigi.

10. Miliki budget mingguan untuk pengeluaran ( konsumsi, BBM, apartemen, air, listrik, internet, perlengkapan lainnya )

1 komentar:

  1. Assallam...mba yulia saya fitri salam kenal.. sy mau bertanya byk ttg auckland krn Insya Allah suami saya desember 2016 besok berangkat ke auckland.. bisa minta kontak lgs mbak.. ini email sy fitri_afifah@yahoo.com, terima kasih byk mba.. ditunggu balasannya.

    BalasHapus

 

HAPPY MOMMY STORIES Template by Ipietoon Cute Blog Design