Daftar Kategori Blog

Rabu, 10 Juni 2015

Tidak seperti yang kalian bayangkan

Nah, kadang banyak orang bilang.."wui enak yaaa nnt bisa tinggal di luar negeri. dapet beasiswa pula. bisa2 krasan dan  gak mau balik". ya memang saya sendiri juga berpikiran gitu. tapi sekarang saya dan banyak teman student Indonesia lainnya terutama di tahun pertama yang beasiswanya masih sendiri dan belum ada tunjangan keluarga terutama yang punya anak lebih dari satu. bener2 harus mengencangkan ikat pinggang. saya sendiri dibantu suami yang kerja. kl nggak memang tidak cukup. sekolah memang tidak bayar untuk anak diatas 3 tahun. tapi biaya ini / aktivitas sekolah kan masih harus dibayar. cari rumah / apartemen juga gak gampang kl ada anak. soalnya disini orang butuh ketenangan. kadang juga ada yang gak mau ada anak remaja. rempong deh carinya. kl disini banyak mobilitas lebih baik beli mobil. murah juga mobil second. ada yang dapet 1000nzd untuk 7seater car. saya dapet 1600 nzd corolla 1994. tapi pastikan juga sudah sertifikat dan WOF ya. soalnya bisa ditilang kl gak ada itu. trus kl pnya mobil tp gak ada asuransi juga hati2 sekali krn kl nabrak walo cm sedikittttt biayanya mehong bisa sampe ribuan dollar. belum lagi harus bayarin mobil yang rusak itu. kl mobilnya mogok dijalan dan gak pnya kartu member derek, bayarnya mahal sampe 200nzd. hemh...pusing kan mikirnya. kerja memang lumayan dapetnya. cleaning bisa 12 - 15nzd per jam. tp kl student kan gak bisa tiap hari kerja. kl pas ketemu profesor / supervisor gmana kl jamnya sama kyk kerja. jangan sampe gr2 kerja bisa hancur beasiswanya. beasiswa per bulan dikti / lpdp disini berkisar 1900- 2000nzd per bulan. untuk apartemen saya saja 315nzd per minggu. belanja bisa 100nzd per minggu belum bayar listrik, air, internet, transport naik bis atau kereta trus bensin mobil. huahh..pusing pala barbie...

jangan bilang bisa saving apa nggak. masalah saving lebih banyak pas di Indonesia. kadang mesti kejar setoran kl uang beasiswa uda nipis. saya jg pake uang dari Indonesia. jual mobil juga buat cadangan disini. kebanyakan semua jg pake modal sendiri apalagi di tahun pertama.mesti ikat tali pinggang kencang2. masalah makan kadang banyak yang bilang "guaya di luar negeri gak biasa makan nasi, makannya roti mulu..gak biasa makan tahu tempe lagi"..hemhh jadi begini. disini harga beras sama roti jauuuh bener. beras 10 kilo 20dollar. roti 20 slice itu cuma 1 dollar ( dicountdown sama pak n save ) nahhh bandingkan tuh jauh kan. trus kita jg jarang makan tahu. makanan yang natural mahal disini. tahu 1 kotak 3 sampai 4 dollar itu jg kecil. nah..telor 10 biji cuma 3dollar trus ayam juga setengah kilo harganya sama 4dollar. mending makan ayam atau telor kan. disini sayur juga mahal. murah sayur beku dan itu jg bisanya buat tumisan atau salad. desert salad / saosnya salad murah disini. sooo jangan salahkan orang yang sudah bertahun2 disini biasa makan begitu soalnya bukan karena apa2 juga. saya sendiri pengalaman. kecuali kl permanent resident, bisa makan apa aja dehh kan kerjaanya uda ada lama juga disini. kadang ada jg krn suhu dan penyesuaian kondisi, gak bisa makan nasi soalnya sakit perutnya. memang gt. bukan krn manja atau gimana. coba deh rasain sendiri kesini. heee..kl student gt lain lagi ceritanya. tempe aja ada yang jual 5 dollar itu jg kecil. hikzzz jadi kangen tahu tempe saia..

itu pas tahun pertama. tahun kedua dapet tunjangan keluarga mgkn bisa lebih bernafas..hee..nanti saya cerita lg,. tp tahun sebelumnya yang gak ada tunjangan keluarganya jg mesti kerja keras juga. life is tough here..banyak yang bilang gitu. orang cina, india disini kerja keras untuk menghidupi keluarganya. kerja apa aja mulai dari cleaning sampai kerja kantoran. gak perlu malu. kerja cleaning jg bisa beli mobil, bisa makan enak dan bisa nabung juga.

tp kl pas pertemuan ada juga ibu2 yang buat makanan asli  indonesia loo apalagi pas bazar ramadhan. wahh jadi gak sabar kangen sama masakan indonesia. 

0 komentar:

Posting Komentar

 

HAPPY MOMMY STORIES Template by Ipietoon Cute Blog Design