Daftar Kategori Blog

Minggu, 07 Juni 2015

Ternyata tidak semudah itu bisa pulang kampung segera..

Lihat gimana pengalaman saya waktu bapak meninggal. saya rasanya pingin segera pulang dan bertemu bapak, mengantarkan bapak ke tempat peristirahatan terahir. tetapi ternyata tidak semudah itu bisa segera pulang. beberapa faktor mempengaruhi untuk tidak bisa segera pulang.
1. Ijin dari supervisor
nah suami kan dapet beasiswa dan yang menjamin disini adalah profesor. kl ada apa2 mesti ijin dulu sama profesor. selesaikan urusan dulu dengan beliau. kl beliau mengijinkan baru bisa segera pulang. soalnya kl gak ijin nnt bisa2 gak mau dampingi lagi dan kita jadi gak bisa lulus.
2. Ijin dari pemberi kerja / atasan kl kerja
Nah ini juga dipikirkan kl mendadak bagaimana dengan penggantinya. krn kerjanya part time atasan mesti mikir dulu untuk mencari pengganti kita karena jika 1 orang tidak datang bisa menganggu bisnisnya juga.
3. Keuangan
 ini penting juga. krn sekali pulang pp antara 1000 sampai 1500nzd kl mendadak. nah biaya hidup disini diitungnya per minggu dan mesti ada saving juga. kl memang keuangan mepet bisanya hanya meratapi nasib gak bisa pulang. kenyataanya biaya sewa apartemen disini 315nzd per minggu. belum biaya makan dll bisa 100nzd per minggu. belum yang lainnya. kl ada saving di indonesia gpp atau pinjem temen disini. apalagi kl beasiswa lagi seret2nya.
 4. Mencari teman Indonesia untuk menitipkan jika butuh sesuatu sama keluarga disini
Nah kl hanya satu dari anggota keluarga yang pergi, penting juga teman seperjuangan disini untuk menemani sapatau terjadi sesuatu. krn terkadang tidak dekat juga kl mau keteman dekat. apalagi kl anggota keluarga yang ditinggalkan baru berada ditempat baru dan belum PD apalagi bahasa inggrisnya terbatas dan jarang ada orang Indonesia didaerahnya. jadi kepikiran juga kan.
5. Mengejar waktu secepat mungkin tidak bisa segera sampai.
perjalanan auckland Indonesia membutuhkan waktu sehari. itu kl ke jakarta atau denpasar. kl ke kota lain butuh waktu lagi perjalanan dan lama menunggunya. Kasihan juga kl harus menunggu lama kedatangannya. apalagi lebih dari 1 hari. Almarhum harus segera dikuburkan. tidak bisa memaksakan untuk menunggu kedatangan yang belum tentu 1 hari bisa sampai. kl mau mengejar juga mgkn hanya ikut tahlilan saja.

nahh..dari sini saya dl memang pernah berkata dalam hati saat tetangga saya meninggal dunia dan anaknya kerja di luar negeri dan pada saat penguburan tidak ada satupun anaknya yang datang. memang dalam hati saya berkata kemana anaknya tega sekali orang tuanya meninggal dan tidak datang. saya meminta maaf. Maaf Ya Allah..Maaf buat perkataan saya. ternyata saya sendiri mengalaminya dan tidak semudah itupula saya bisa pulang, suami bisa pulang segera. semoga untuk yang lainnya yang mungkin berkata dalam hati seperti saya bisa memahami dan memaklumi kondisi yang ada. kondisi saat kita merantau dinegeri orang yang jauh disana. #merantau #pulangkampung #tidakbisapulang #auckland #orangtuameninggal #merantausaatorangtuameninggal

0 komentar:

Posting Komentar

 

HAPPY MOMMY STORIES Template by Ipietoon Cute Blog Design