Daftar Kategori Blog

Minggu, 27 Agustus 2017

Urus 2 Balita di Auckland New Zealand

Beberapa  ibu2 bertanya bagaimana urus 2 anak yang masih balita di negara orang dimana nggak ada saudara, hanya mengandalkan suami dan teman2. Jujur di awal saya juga agak ragu dengan kemampuan apa bisa saya mengurus anak 2 ya. Orang tua di Indonesia juga sedikit ragu bahkan menawarkan untuk ditemani kesana tetapi saya kekeh bilang saya pasti bisa (padahal nggak yakin juga) karena kasian juga orang tua kalau kesini udara dingin dan perjalanan lama. Yang saya kawatirkan takut kalau sayanya stress seperti urus anak pertama dulu babyblues hampir sebulan. stressnya urus anak padahal ya ada pembantu sama orang tua. Tapi keyakinan itu dan niat. Diawal saya sudah bilang suami kalau minta dibantu bersih2 dan nyuci. Masak 2 hari sekali. sudah siap2 kopi jaga2 kalau bangun malam.semoga babyblues nggak datang pas anak kedua.

Dannn si bayi pun datang. 4 hari dirumah sakit. Masih terasa pegal2nya dan sebulan masih sakit pinggangnya. Beruntung disini bidan datang setiap minggu selama 4 minggu dan masih bisa konsultasi terutama mencegah stress pasca melahirkan. Alhamdulillah si adnan tidurnya mantep 6minggu pertama. saya bisa tidur malam. Tidur paling malam jam stengah 1 pagi dan bangun paling pagi jam setengah4. Kalau bangunnya kepagian ayahnya bagian jaga. 2 minggu pertama saat ayahnya ke indonesia beneran nggak rewel dan tidurnya mantap.

Nah beberapa cara saya urus balita disini :

1. Niat. Ini penting saya berniat disini membantu suami, melayani suami dan menjaga anak2. Kalau mulai lengah ingat lagi niat awal disini bagaimana

2. Kerjasama dengan suami.
Nah ini mulai awal sudah dikondisikan, soal urusan rumah tangga bagaimana, soal kalau anak begadang bagaimana termasuk minta dayoff atau me time. Kalau saya sebulan sekali me time biar nggak sumpek dirumah

3. Minimalisasi pekerjaan rumah
- Nyuci baju pakai mesin cuci 2 minggu sekali dan nggak perlu setrika kalau nggak baju suami yang penting aja
- Bersihkan rumah yang penting cucian piring nggak numpuk. sisanya seperti mainan atau tempat tidur sehari 2x cukup dah. kamarnya kecil pula.
- Masak sehari sekali atau 2 hari sekali dengan menu yang simple. sedia bumbu instan. Bumbu stirfry, Makaroni instan, mie instan,sup instan, roti. Yang betul2 membantu saya sistema microwave. Karena listrik termasuk jadi satu sama biaya sewa jadi maksimalkan penggunaan microwave. Bisa buat bikin kue sama masak telur. Untuk sayur pakai sayur beku jadi nggak ribet potong2.


- Manfaatkan kukusan listrik dan rice cooker. Tinggal masukin cemplang cemplung jadi dah. Lebih simple dan hemat waktu tenaga.



4. Cari kegiatan diluar yang bermanfaat.
Disini ada kegiatan untuk bayi, ada juga parenting class, playgroup,yoga dan meetup community buat ibu2 yang fulltime mom jadi saling berbagi dan sharing cerita biar nggak merasa sendirian.

5. Ajari anak dan bayi mandiri
- Si kakak 4tahun. Diajari makan sendiri, ambil susu, pipis dan cebok, ambil baju dan celana. kakak saya suapin sehari sekali saja sisanya tinggal dikasi dipiring dan makan sendiri walau tidak habis tapi pasti dia makan.
- Si adik mulai 6weeks diajari cara tidur di malam hari, tidur sendiri setelah nenen, tidur di tempat tidur tidak digendongan. Free sleep training buat bayi dibawah 3 bulan dari plunket.

6. Perlengkapan entertain bayi dan anak
- Buat si kakak : worksheet tiap hari menulis, mewarnai, maze, dot to dot, berhitung. Hal ini bisa dilakukan sendiri atau didampingi.
- Buat si adik : bouncer, playgym bayi, musical toys bayi. Lumayan pas melek bisa sibuk sama mainan biar bisa nemenin si kakak, Stroller dan gendongan yang nyaman.
- Buat semuanya : Baca buku bersama

7. Dayoff/me time sebulan sekali diluar dan sehari setengah jam.
Nah ini yang seru. Saya dapat me time/dayoff sebulan sekali diluar tanpa membawa anak. boleh makan, pijat atau kumpul sama teman sehari 3 jam saja sudah buat saya refresh. siapkan asi perah dan suami yang jaga bayi dan anak.
sehari selama setengah jam saya dikasi kesempatan buat sekedar minum kopi dan liat tv sama suami tanpa urus anak. Nah ini setelah urusan masak selesai dan suami belum berangkat kekampus. Lumayan buat booster semangat.

8. Minum Kopi
Great coffee helps.Quote ini bener banget. Pagi hari sebelum memulai aktifitas minum segelas kopi dulu campur susu. Beneran membuat semangat 45. Boleh juga di sore hari. Booster semangat. Berguna sekali buat saya apalagi kalau pas lagi capek.

5 bulan urus balita lancar jaya disini..semoga masih bertahan dan bisa diteruskan nanti kalau balik ke indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar

 

HAPPY MOMMY STORIES Template by Ipietoon Cute Blog Design