Daftar Kategori Blog

Kamis, 31 Agustus 2017

Adnan 3 Bulan


Si adnan sudah 3 bulan. Bulan ini vaksinasi lagi sama seperti waktu 6minggu. Rotavirus, Hib dan Pcv. 1x oral 2x suntik. Badannya anget juga cuma sehari. Tanya juga untuk vaksinasi BCG ternyata habis di New Zealand adanya tahun depan. Bulan ini si adnan mulai ikutan plunket dan ditimbang dicek plunket tiap bulannya di bis plunket countdown quay st.

Adnan udah diajak buka di mesjid. Anteng aja ditaruh di car seat dan Alhamdulillah nggak rewel walau nggak tidur juga. Digendong siapa aja mau dan banyak yang nawarin gendong.haa..modus si emak ni. Adnan bisa diajak taraweh juga digendong kangguru dan tidur digendongan.

Jam tidur siangnya sudah nggak banyak tapi tidur malemnya tetep aja dan Alhamdulillah bangun cuma buat minum nenen aja. Tidur jam 9 bangun jam setengah8 pagi.

Bulan ini adnan kena batuk pilek karena kakaknya juga batuk pilek. Termasuk lama sembuhnya 2 mingguan. Sempet kedokter juga nggak dikasi apa2 cuma disuruh diuapin aja karena masih kecil. selama nggak ada sesak dan nafasnya teratur masih belum perlu ditangani khusus. Batuknya awalnya kering lama2 jadi berdahak.

Bulan ini ternyata si emak dapet haid. termasuk cepet juga walau full asi. Si kakak dl emaknya mens waktu 6 bulan, si adnan 3 bulan si emak dah mens aja. Bisa jadi yang dulu mucus plug itu ternyata mens.

Beratnya si adnan naiknya dikit. Di kurva turun. Ahirnya datang dah nurse plunket kerumah cek kondisi ibu dan pelekatan menyusui bayi. Diajarin cara tidurin bayi dan nyusuin bayi yang efektif. Bisa dibaca di bagian lain di blog ini. Saya bilang kalau bulan kemarin puasa mungkin beratnya naikny nggak banyak. Dicek lagi bulan depan dan si nurse sampai heran kok bisa maksa puasa.haa..Ahirnya disuruh makan daging, minum susu demi kebaikan si bayi dan dipantau bulan depan kenaikan bayinya. Disuruh juga minum vitamin D sama Iodine.

Bulan ini keluar hasil Cystic fibrosis adnan. Adnan ternyata hanya carrier dan dapet dari emaknya yang ternyata carrier. Karena hanya emakny yang carrier dan si ayah nggak, Kemungkinan si anak kena penyakit cystic fibrosis hanya 25% dan nggak perlu konsultasi tambahan ke spesialis.

Waktunya konsultasi ke nurse plunket, ditanyai dan konsultasi seputar :
- Penglihatan
   - Menutup mata saat melihat terang
   - Melihat muka ketika mendekat
   - tidak nyaman saat melihat sinar terang
   - Tersenyum tanpa disentuh atau berbicara
- Pendengaran
   - Ketika ada suara bising apakah bayi kaget? Terbangun ? berhenti menyusu? Menangis?
- Bagaimana menyusui
- bagaimana tidur bayi
- Pastikan bayi tidur dengan aman
  - Tidur di cot
  - tanpa asap rokok
  - tanpa bantal dan mainan
- Bagaimana dengan pup? apakah kuning
- Bagaimana dengan imunisasi
- Perasaan menjadi orang tua

0 komentar:

Posting Komentar

 

HAPPY MOMMY STORIES Template by Ipietoon Cute Blog Design