Daftar Kategori Blog

Kamis, 31 Agustus 2017

Kapan Harus Menemui Dokter Saat Anak dan Bayi Sakit

Bayi dan anak seharusnya dibawa kedokter atau Emergency jika ada tanda darurat. Jika hanya batuk pilek biasa tidak perlu penanganan khusus. Bisa kontak healthline untuk konsultasi apa bayi dan anak perlu menemui dokter, ke emergency atau penanganan dirumah saja. Sumber (plunket book,Thriving under 5)

1. Susah bernafas
- Nafas Cepat
- Batuk yang berat dan tarikan nafas
- Biru dan tidak bernafas
- Bersuara saat bernafas

2. Tidak merespon
- Susah bangun atau sangat mengantuk
- Pucat
- lemas

3. Menangis
- Menangis atau menjerit dan sangat susah ditenangkan
- menangis tidak biasa selama satu jam atau lebih
- Kesakitan
- Keluar cairan dari telinga
- menangis, menarik2 telinga

4. Pipis
- Tidak ada nappy kotor atau pipis selama 6 jam di siang hari dan 8 jam dimalam hari
- Pipisnya kurang dari biasanya (untuk anak yang bisa pipis sendiri )

5. Makan dan menelan
- Tidak mau makan dan minum seperti biasanya
- Ada masalah dalam menelan 

6. Muntah
- Muntah lebih dari 6 jam
- Muntah terus menerus dan memburuk
- Muntah hijau atau muntah darah
- Muntah dan diare (pup bau dan cair ) pada satu waktu bersamaan

7. Diare
- Beberapa kali pup cair selama 1 atau 2 jam
- Diare berlangsung lebih dari 24 jam
- Ada darah di pup

8. Temperatur
- Terlalu dingin atau terlalu panas. Bayi dibawah 2 bulan jika panas segera dibawa kedokter. 

Lainnya : 
- Alergi terhadap sesuatu (bengkak, adanya bintik2 dengan atau tanpa masalah pernafasan)
- tersedak
- keracunan
- Ubun2 cekung saat tidak menangis
- Step
- Kuning
- Tidak bisa menggerakkan badan
- Kesakitan
- Luka di kepala

Hal yang ditanyakan ketika kedokter :
- Ada apa dengan anak saya
- Apa yang harus saya lakukan
- Mengapa ini penting
- Berapa lama anak saya baikan
- Bagaimana saya mengetahui anak saya penyakitnya bertambah parah
- Apakah saya perlu membawa anak saya kontrol lagi

Menangani anak sakit :
- Anak sakit akan jarang makan, tawari minum sampai membaik
- cuci tangan setelah memegang anak sakit. Sebelum dan sesudah masak
- Biarkan anak didalam rumah sampai baikan. Jangan menyebarkan virus

0 komentar:

Posting Komentar

 

HAPPY MOMMY STORIES Template by Ipietoon Cute Blog Design