Daftar Kategori Blog

Rabu, 08 April 2020

Mini Project Orientasi Komunitas Ibu Profesional - Playcentre Event

MINI PROJECT 
PLAYCENTRE (IDE TEMPAT MAIN BERSAMA)


Deskripsi Project

Project playcentre merupakan ide dari New Zealand yang merupakan pendiri awal konsep playcentre. Playcentre ini dimana ibu dan anak bisa bermain dan belajar. Konsep ini bersifat keluarga dimana dijalankan dari satu keluarga ke keluarga lain, tidak hanya anak yang bermain, tetapi juga ibu juga belajar. Konsep main ini juga didukung dengan sumber mainan yang mengedukasi dan beberapa form termasuk portofolio dan saran kritik saat berlangsungnya playcentre ini.

Playcentre bisa dilakukan tanpa lokasi tetap, saat ini di rumah A untuk bermain soal science dan selanjutnya di rumah B untuk bermain motorik kasar. Tetapi, didalamnya juga ada konsep belajar bagi orang tua. Mengetahui tujuan bermain, bagaimana tanggapan anaknya dalam hal bermain ( pendapat anak, bahasa tubuh anak, apakah anak menyukai ini), evaluasi bermain anak termasuk bagaimana extended playing mengembangkan kemampuan anak di permainan ini termasuk apa yang harus diperbaiki dari kegiatan playcentre kali ini.

Project ini menggabungkan permainan dan belajar untuk anak dan orang tuanya. Menggabungkan kerjasama antara anak dan orangtua untuk anak 5 tahun kebawah sebelum usia TK.

Kebutuhan / Susunan Tim

Ketua : ( bertanggung jawab soal acara )
Wakil ketua : ( membantu ketua menjalankan tugasnya )
Bendahara : ( mengatur kebutuhan anak dan HTM nya )

Divisi acara ( untuk menyusun acara dan permainan anak dari minggu ke minggu )
Divisi publikasi ( untuk menyusun publikasi acara di sosial media )
Divisi resource ( menyiapkan form dan evaluasi setiap acara )

Member ( anggota yang mengikuti acara )

Sasaran

Sasaran dalam kegiatan ini adalah ibu ibu pembelajar yang bisa meluangkan waktunya untuk menyusun permainan dan belajar memahami karakter anak. Selain itu juga menyediakan tempat dan sumber permainan untuk bersama sama belajar. Member yang harus komitmen dari awal dan bisa mengembangkan kegiatan ini bersama sama. Member yang membutuhkan permainan dan interaksi sesama ibu pembelajar.

Waktu dan tempat

Pelaksanaan event 1bulan 1x di lokasi berpindah dari rumah ibu satu ke ibu lainnya. Ibu yang ketempatan tidak membayar HTM.

Estimasi kebutuhan dana setiap kegiatan

Pendapatan HTM : 20 x 20.000 = 400.000

Pengeluaran :
- Pembelian bahan material 20 x Rp. 10.000 = 200.000
- Biaya sewa tempat untuk yang ditempati 200.000

Parameter keberhasilan

Kegiatan ini dikatakan berhasil jika sampai 3x - 5x kegiatan, yang datang dan mendaftar 10 - 20 orang dan bersedia meluangkan waktu dan tempat rumahnya untuk dijadikan tempat playcentre bermain bersama Sehingga dari member untuk member.

0 komentar:

Posting Komentar

 

HAPPY MOMMY STORIES Template by Ipietoon Cute Blog Design