Daftar Kategori Blog

Minggu, 28 Juli 2019

Pra Operasi Nefraktomi Ginjal Kung

Alhamdulillah ahirnya kung mau dioperasi pengangkatan ginjal karena hidrofinosis dan sumbatan batu ginjalnya. Awalnya masuk rs karena lemas susah makan.Itu juga karena gagal ginjalnya yang membuat dehidrasi dan lemas. Setelah susah makan dan lemas 4 hari ahirnha dibawa ke rs.Di rumah sakit langsung transfusi dan infus nutrisi.tetapi juga kalau ginjalny tidak ditangani maka tetap akan dehidrasi,mual,gatal dan lemas.Keluarga sepakat untuk melakukan operasi ginjal.Tetapi operasi atau tidak,tetap cuci darah krn level kreatinny.

Operasi ini bukan bertujuan menyembuhkan ginjal dan membuat fit seperti semula tetapi lebih ke penyelamatan nyawa karena level 4 hidrofinosisnya yang nantinya akan berdampak sepsis yaitu infeksi,cairan merembes dan melukai organ lainnya sehingga operasi dan penyembuhannya beresiko.

7 hari menjelang operasi,tim dokter mulai membenahi level HB,albumin dan natrium kalium papa yang rendah.seminggu banyak bener infus yang masuk.kung tetap nggak mau makan hanya 2 sendok makan saja ditambah minum susu.Minum airnya pun nggak banyak.Malam hari diare.Sedih juga lihatnya.Sudah dikasi obat nafsu makan dan mual juga tetap mual dan tidak mau makan. Fisioterapi kaki dan tangan juga latihan duduk.Kung agak sesak krn mmg jarang duduk kebanyakan tidur jadi seperti ada dahak. Selain itu juga menghentikan plavix pengencer darah untuk keperluan anastesi.

2 hari menjelang operasi,dilakukan tes darah terahir.Kung ahirnya harus di cuci darah HD krn level kreatinnya di 7,3 juga karena susah makan dan mual selain itu juga agar level kreatinnya rendah saat operasi. Kung agak sesak malamnya.

1 hari menjelang operasi, kung harus cuci darah.Dipasang alat di bawah leher untuk memulai cuci darah pertama.Cuci darah berlangsung 2 jam.3 jam termasuk pemasangan alat.setelah cuci darah,kung makan 3 sendok minum susu dan tidurnya enak gatal berkurang.Sorenya ternyata pendarahan di tempat dipasang alat cuci darah.

Yap menjelang hari H ternyata harus diundur 2 hari.ada udara di paru2 kung.jadi harus dikeluarkan udaranya.Memakai alat drain untuk paru yang dipasang di bawah paru2.alatnya besar juga dan terkadang ad darah keluar.hari berikutnya diperiksa apakah udara di parunya berkurang dan parunya sudah mengembang.Kung latihan mengembangkan paru dengan meniup alat.

H-1 heboh dengan lepasnya katup di alat drain kung di perutnya.heboh besok mau operasi.malam2 minta foto thorax.dokternya juga nggak visit setelah pasang alat.hanya monitor via wa saja sama susternya.sempet sebel juga tp alhamdulillah paru2 kung aman untuk dilakukan anastesi operasi. Kung juga cuci darah lagi dan kali ini lebih lama untuk persiapan operasi.

Kung tetap tidak mau makan walau sudah di cuci darah.ada dahak di tenggorokannya.Ahirnya di nebu 2x dan obat diminum bisa keluar dahaknya tebal.Malam menjelang operasi,kung gula darahnya rendah.sempat ngompol dan keringat dingin.Alhamdulillah susternya tau dan uti jg yang menjaga tahu.itu krn beberapa kali disuntikkan insulin krn gula darah sebelumnya mencapai 300 dan 400.kali ini drop sampai 80.suntik 2x cairan glukosa dan kung siap untuk operasi.

0 komentar:

Posting Komentar

 

HAPPY MOMMY STORIES Template by Ipietoon Cute Blog Design