Daftar Kategori Blog

Kamis, 11 Juli 2019

Awal sakit dan Perawatan kung

Desember 2018 baru datang dari Auckland bahagia ketemu keluarga walau memang dari 1 tahun yang lalu,papa sudah sakut stroke dan jalannya masih belum sempurna.Mama sudah bilang kalau papa yang dl 4 th yg lalu sudah tidak sama secara fisik dibandingkan sekarang.

Datang ketemu papa langsung peluk dan alhamdulillah masih bisa dipertemukan walau memang papa jadi kurus dan jalannya memang agak susah.Makan juga susah.mama kontrol hanya ke dokter saraf dan mata.itu jg dokter sarafnya nggak rutin.waktu opname stroke tahun lalu hanya sarafnya katanya yg bermasalah jadi memang masalah lain nggak terdeteksi karena mama juga nggak seberapa tau masalah medis ahirnya ikut kata dokter saja.

Papa masih makan,masih jalan walau nggak tegak belikan anak2 mainan dan masih bekerja dengan kondisi fisik yang sudah melemah.setelah sebulan lebih,dapat kabar kalau papa stroke lagi dan itu juga 2 hari setelah serangan baru mau dibawa ke rs.papa saya mmg agak kaku orangnya apalagi soal medis.awalnya malah ngeyel itu buka serangan stroke.padahal itu serangan stroke krn papa nggak bisa gerak badan kirinya dan pipinya miring.maksa nggak mau cek dan dibawa kedokter.maunya di surabaya dan 2 hari setelahnya.

Pas datang papa dibawa pakai kursi roda.Melemah gbsa jalan dan nangis pipinya miring.naik pesawat juga dibopong banyak orang.tapi bicara masih lancar dan masih ada semangat.cepat2 dibawa ke rs dan mengubungi sodara papa.

Sampe rs dokter bilang serangan stroke dan mmg sudah agak telat penanganannya.papa bukan stroke yang membuat pembuluh darah pecah tapi penyumbatan yang awalny 1 titik jadi 2 titik di stroke ini dilihat dari scan otaknya.Maunya di MRI untuk lihat sebaran titiknya tapi papa nggak mau.

Papa 3 minggu di rs.awalnya memang cuma karena stroke dan serangan 2.papa ada diabetes dan kolesterolnya tinggi.itu saja yang saya tau dan informasi yang saya dapat.

Nah ini saya yang agak maksa dan atas saran sodara2 papa untuk ambil cek darah lengkap mumpung papa di rs krn papa masih malas makan alasannya mual.padahal kl stroke saja gpp. Sempat marah tendang2 tempat tidur waktu bilang mau ambil darah cek kreatin ginjal.papa marah krn pinginnya satu satu ditangani.stroke dl br cek ginjal.

Jadi cari jalan gimana biar mau cek darah lengkap krn tante saya bilang kok mual ya mgkn krn kreatin ginjal jadi harus dicek darah lengkap.ahirnya bilang ke dokter dan dokternya bilang cek darah lengkap biar tau perkembamgam dan boleh pulang kl baik.baru mau diambil darah dan dari hasil itulah sumbernya dimulai.Hasil tes darah lengkap termasuk ginjal dan urine membuat keluarga shock dan heran tapi juga alhamdulillah penyakit sebenarnya diketahui kenapa papa sering mual dan malas makan.

Awal dari diabetes kolesterol yang merembet ke stroke dan ginjal.Hal ini krn memang jarang kontrol dan merasa sudah enakan baikan jadi minum obat nggak teratur dan kontrol nggak rutin.Diabetes itu sumbernya dan kl sudah diabetes banyak yang harus dikontrol rutin :
- Jantung untuk menghindari komplikasi ke jantung
- penyakit dalam untuk kontrol diabetes kolesterolnya.
- Mata.Nah ini kadang lupa pentingnya mata.kl sudah diabetes dan pernah tinggi,kondisi retina sudah menjadi lemah dan tidak normal jadi harus cek untuk tetap mempertahankan retina sehingga penglihatan tdk terganggu.Terkadang ada yang tiba2 gelap dan tidak melihat karena matanya tidak dikontrol setelah mengidap diabetes.

Selama 3 minggu di rs papa diberi treatment :
- transfusi darah 2 ampule krn hb nya rendah.orang dg gagal ginjal biasanya hb nya rendah.
- albumin 2 ampule.albumin untuk orang gagal ginjal mmg dijaga rendah tp krn papa terlalu rendah jadi perlu tambahan albumin.sebenarnya bs juga dengan makan ikan kutuk.
- vitamin otak brainact untuk stroke nya
- obat minum seperti obat mual,darah tinggi dan kolesterol.
-Diet rendah protein untuk setiap makan.

#seranganstroke
#gagalginjal
#hydrofinosisginjal
#diabeteskomplikasi

0 komentar:

Posting Komentar

 

HAPPY MOMMY STORIES Template by Ipietoon Cute Blog Design