Daftar Kategori Blog

Jumat, 16 November 2018

Melatih Kecerdasan Anak - Hari 10 - Mengurutkan Angka

Hari ini si kakak belajar pola untuk menyusun angka mulai dari terkecil sampai terbesar. Untuk mempermudah, saya mulai dari menulis angka bukan menulis hurunya. Ada beberapa deretan angka yang acak dan si kakak harus mengurutkan angka mulai terbesar sampai terkecil. Langkah saya adalah dengan meminta kakak untuk berhitung maju mulai 1-100 dan mengulangnya sebanyak 2x. Si kakak mulai terbiasa dengan polanya dan sudah bisa berhitung lebih cepat.

Saya meminta kakak mengurutkan angka. Untuk soal pertama si kakak agak kesusahan, saya meminta si kakak mengulang berhitungnya dan menulis angka pertama yang terlihat dan mengurtkannya satu persatu. Di soal ke 3 si kakak sudah mulai terbiasa mengerjakan tetapi masih terlihat belum cepat.

Setelah itu saya meminta kakak untuk mengurutkan dari besar ke kecil dengan berhitung mundur. Kali ini si kakak lebih kesusahan dibandingkan mengurutkan kecil ke besar. Saya meminta berhitung mundur 2x dan meminta kakak menulis angka yang kakak temukan di awal dan ahirnya angka terahir dibelakang. Si kakak butuh waktu agak lama untuk mengerjakannya.

Kali ini di hari terahir si kakak lebih akan dilatih untuk mengurutkan angka dan menulis angka kedalam huruf. Si kakak nampak agak kesusahan tetapi dia menikmati proses berhitung yang bagi si kakak menyenangkan walaupun terdapat beberapa tantangan yang harus dia selesaikan.

#KuliahBundaSayang
#GameLevel3
#FamilyProject
#MyFamilyMyTeam

0 komentar:

Posting Komentar

 

HAPPY MOMMY STORIES Template by Ipietoon Cute Blog Design