Daftar Kategori Blog

Jumat, 09 Juni 2017

Tes Apa saja saat kehamilan di Auckland New Zealand

Beberapa teman bertanya apa bedanya tes yang dilakukan disini sama di Indonesia. Kalau di Indonesia saya jarang di tes darah hanya awal dicek Torch dan darah total saja. disini beberapa tes dilakukan dari awal kehamilan sampai ahir :

1. Blood Group dan Rhesus
Mengetahui golongan darah A,B,AB atau O dan Rhesus negatif atau positif. Jika ibu rhesus negatif dan bayi positif bakal terjadi anemia di bayi dan akan diberikan treatment antibiotik. Jika ibu rhesus negatif bakal dilakukan tes lagi di 28 weeks untuk mengetahui apakah masih ada antibiotik dalam tubuh

2. Full Blood Count
Penting untuk mengetahui jumlah iron tubuh. Iron diperlukan selama kehamilan dengan jumlah tertentu.

3. Hepatits B
Mengetahui apakah memiliki hepatits B karena ibu dengan hepatitis B akan menurunkan penyakit tersebut ke bayinya. Kalau ibu punya hepatitis B maka akan dilakukan vaksinasi 2 jam setelah bayi lahir.

4. Rubella
Mengetahui apakah memiliki antibodi terhadap rubella. Jika ada rubella sebelum 16 weeks akan menyebabkan keguguran. Jika tidak ada antibodi rubella, selama hamil menjauh dari sumber rubella dan setelah melahirkan akan diberi vaksin rubella.

5. Syphilis
Mengecek apakah ada syphilis atau tidak, Jika hasilnya positif, akan diberikan antibiotik untuk menghindari bayi terkena penyakit berbahaya.

6. HIV/AIDS
Tes ini diperlukan karena mayoritas mereka tidak mengetahui kalau terkena HIV AIDS.

7. Cek berat badan dan BMI
Rata2 kenaikan berat badan ibu selama kehamilan 11- 16kg. Jika underweight maka harus naik lebih dan jika overweight kenaikannya kurang dari 11 kilo.

8. Ultrasound Scan ( USG)
Mengetahui perkembangan bayi dan mengecek detak jantung bayi.Scan 3 bulan pertama mengetahui usia, ukuran, jumlah janin dan prediksi due date bayi dan abnormality. Scan 18-20 minggu mengecek abnormality, jumlah bayi dan posisi plasenta.

9. Nuchal Transluceny (NT) Scan
tes ini untuk melihat apakah bayi memiliki down syndrome. DIlakukan antara 11-13weeks kehamilan.Melihat ketebalan dari kulit bayi dibelakang leher. setelah itu dilakukan tes darah untuk mendukung hasil dari scan.

10. Aminocentesis
Prosedur ini untuk mengetahui abnormality janin. dilakukan 15-18weeks kehamilan dengan memasukkan jarum ke rahim dan mengambil sebagian carian. Beberapa wanita mengalami pendarahan dalam proses ini.

11. Tes Gula Darah Diabetes
Tes ini dilakukan di 28weeks kehamilan. Meminum cairan polycose (50gram glukosa).Satu jam kemudian akan diambil darahnya.Jika hasilnya lenih dari 7.7mol/ml maka akan dilakukan tes diagnostik dimana harus puasa sebelum tes dan diambil darah setelah 12 jam puasa setelah itu diberikan minuman polycose (75gr glukosa) dan darah diambil 2 jam setelah minum cairan tersebut.

12. Tes Kekerasan fisik dan seksual
Tes ini dilakukan karena banyaknya kejadian dan dialami oleh ibu hamil yang membahayakan ibu dan bayi.

Tes semua ini FREE dengan eligibility document ( saya work visa 2,5 tahun ). Bayar hanya scan $40 sekali datang.Tes darah bisa dilakukan di RS atau lab

0 komentar:

Posting Komentar

 

HAPPY MOMMY STORIES Template by Ipietoon Cute Blog Design