Daftar Kategori Blog

Jumat, 09 Juni 2017

Cyctic Fibrosis dan Tesnya (Darah dan Sweat Test)

Saat adnan 4 minggu, midiwife bilang kalau adanan pada saat test darah didiagnosis positif cystic fibrosis. Whatssss...nggak pernah denger juga apa itu. Midiwife bilang apa ada keturunan yang kena. wah nggak tau juga ya. Tapi bisa jadi hanya carrier saja nggak positif. Dilihat dari fisik dan kenaikan berat badan adnan wajar dan normal saja jadi mungkin carrier tapi ni sudah harap2 cemas dan bakal dilakukan test tambahan untuk mengetahui kondisi cystic fibrosis adnan.

Cystic fibrosis diturunkan dari kedua orang tua. Jika salah satu orang tua memiliki carrier CF maka si bayi akan carrier CF juga. Jika kedua orangtuan memiliki carrier CF maka bayi akan positif CF. CF tidak dapat dihilangkan tetapi dapat diminimalisasi kerusakan organnya.. Umumnya penderita CF akan kesusahan dalam bernafas tetapi tidak mengurangi kemampuan berkembang dan intelektual penderita. Kondisi ini disebabkan oleh gen yang mengontrol perkembangan chlorine kedalam dan keluar sel tubuh.

Normalnya, lendir dalam tubuh tipis dan cair. Tetapi CF memiliki lendir yang tebal dan kental.Treatment nya berupa fisioterapi untuk menghindari masalah dalam paru2, terapi antibiotik dan memberikan makanan tinggi kalori.

Tes yang dilakukan untuk mengetahui apakah cystic firbrosis atau tidak :
1. Tes fisik
tes ini untuk mengetahui kondisi bayi dan orang tua dan menjelaskan soal CF. Mengetahui apakah dalam keluarga ada yang carrier atau positif CF
2. Tes Darah
Darah diambil di kaki bayi untuk mengetahui apakah si bayi memiliki carrier satu atau dua gen dari CF dan tes ini hasilnya dapat diketahui setelah 3 minggu. Orang tua juga diambil darah untuk dicek carrier CF.
3. Sweat Test
Mengambil sebagian keringat dalam tubuh bayi untuk melihat jumlah kadar garam dalam tubuh. bayi akan diberikan selimut hangat berlapis dan diberikan alat penampung keringat di kanan dan kiri. masing2 30 menit setiap tangan. Waktu adnan tes ini anteng banget soalnya anget dan Alhamdulillah keringatnya cukup kalau nggak mesti ulang lagi testnya.




Setelah 2 minggu hasil sweat test keluar dan hasilnya adnan NEGATIF. Alhamdulillah berarti tinggal tunggu tes darah aja. yang pasti si adnan itu carrier CF cuma belum tau apa dari Ayah atau Mama nih yang punya carrier CF.

0 komentar:

Posting Komentar

 

HAPPY MOMMY STORIES Template by Ipietoon Cute Blog Design