Daftar Kategori Blog

Kamis, 29 Oktober 2015

Siapa bilang sekolah preschool diluar negeri tidak diajari baca berhitung??

Ini menarik..sekarang lagi booming anak preschool tidak boleh diajari baca tulis nnt bisa bosen sekolah dan prestasinya menurun. mereka merujuk pada sekolah2 luar negeri yang kebanyakan bermain dan bermain. belajar nnt pas usia 10 tahun.

pada saat saya kesini ada beberapa teman yang menyekolahkan anaknya krn disini umur 5th sudah primary atau SD jadi langsung masuk SD dan ada beberapa teman yang anaknya blm bisa berhitung dan mengerti huruf. ahirnya diajari dari awal. walaupun ada yang kekeh gak boleh diajarin baca tulis tapi program pendidikan di Auckland harus diikuti semua sama. kl gak sekolah anaknya malah ortunya kena denda. wah gawat dunks lagipula disini gak ada yang dititipi anak kl ayah ibunya sekolah gimana dunks kan ya mesti dititipin di daycare atau sekolah krn aman juga.

Nah, azka masih di daycare atau beberapa ada yang ikutin di kinddy dengan kurikulum yang sama. azka walo masih 3th tp berhitung 1 sampe 10 diajari walo cuma dengan lagu atau coretan2 gambar aja. huruf juga perkenalan aja. nah kl begitu anak 3 th uda diajarin berhitung loo bagaimana tuh..heee..umur 5th uda bisa nulis namanya sendiri. bahkan ada absen tanda tangan pula. 5th jg uda bisa baca walo cuma 1 2 kalimat aja. wah gmana dunks..hee..sama kan kyk di Indonesia.

pertanyaanya, orang sini anak2nya jarang hampir gak ada yang stress atau mutung pas sekolah. padahal bisa dibilang dari 3 tahun uda dikasi pengetahuan tentang huruf angka. hemh..menarik ini..ternyata semua ada pada prosesnya dan cara penyampaiannya. cara penyampaiannya bukan anak2 disuruh duduk manis mendengarkan guru cerita sampe ngantuk2 trus dikasi tugas disuruh ngerjakan dan suasananya monoton sekali. bisa dilihat kl daycare atau kinddy bahkan primary suasana kelasnya gak kyk kelas perkuliahan yang cuma ada bangku dan meja aja. suasananya kyk suasana mainan banyak mainan ruang kelas jg banyak sekali craft art nya. warna warni dan menyenangkan. Pembelajaran juga diberikan lewat mainan dan lagu. memang ada saatnya mereka duduk manis mengerjakan tugasnya tapi juga ada acara bebasnya mereka bermain jadi gak monoton. tapi mereka tetep bisa nangkap pelajarannya. hemhh bagus juga ya jadi belajar sambil bermain.

kl suami saya berkomentar. Indonesia adalah negara berkembang kl mencontoh negara maju boleh saja tetapi ingat dl korea selatan juga negara berkembang mereka ingin maju sama seperti cina. sehingga mereka tidak boleh hanya mencontoh dan jalan ditempat. mereka harus kerja keras dan lari bersama. sehingga negaranya maju kyk sekarang. jadi kl memang mau diajarkan baca tulis berhitung lumrah saja. olimpiade matematika science orang asia kebanyakan yang menang kenapa..krn mereka sudah tangguh diajarkan mulai dini dengan cara yang menyenangkan. soo..yang penting caranya kl monoton jangankan anak2 orang dewasa aja bisa bosan kadang jg bisa stress malahan.

anak2 juga bisa diajarin bahasa lebih dari 1. ajarkan saja bahasa mandarin, indonesia, inggris, maori bisa juga bahasa jerman atau lainnya gak bakal stress krn masa anak2 dengan mudah menyerap semuanya. cuma ya caranya yang menyenangkan dan tidak membuat mereka terbebani. azka mulai belajar mengenal huruf dan angka juga huruf hijayah. pelan2 aja sambil mainan nanti juga lama2 bisa.

0 komentar:

Posting Komentar

 

HAPPY MOMMY STORIES Template by Ipietoon Cute Blog Design