Daftar Kategori Blog

Senin, 11 Mei 2015

Penyesuaian di New Zealand ( 3 minggu di Auckland )

sudah 3 minggu disini sudah mulai menyesuaikan diri sama suasana, bahasa dan budaya sini walo gak banyak juga. soalnya jarang juga keluarnya paling ketaman dan jarang ketemu orang juga. beberapa penyesuaian yang mungkin gak biasa buat saya.
1. Kl ke kamar mandi mau pup atau pipis pake tissue. hemmh semua negara didunia gini kaliii cm Indonesia aja yang nggak mgkn ya..dan saiaa belum terbiasaaaaa apalagi kl pup..untungnya bawa gayung jadi bisa dibawa se embernya. wekekeke..tp ya jadi basah smuaa..
2. kl belanja ada self check out. nahhh ini yang beda. di Indonesia gak ada pake antri satu2. disini bisa self check out jadi kl mau belanja dan cuma dikit pake self check out aja bayarnya pake kartu ATM dan digesek sendiri di scan sendiri jadi kayak pegawainya gt. dan ada yang ngawasin kl salah masukin, gak bisa atau beda harganya.
sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Self-checkout
3. Biasanya pake AC sekarang jadi nyalain heater. wekekkeke...dinginnn euyy disinii..
4. Kl naik dimobil mesti pasang sabuk pengaman walo duduk belakang dan anak2 harus pake car seat sendiri gak boleh dipangku. dan itu yang buat azka nangis kejer di awal.
5. Banyak jalaaan..nahh disini kebanyakan orang jalan dan jalannya naik turun bowww...lumayan betis jadi kakuww..soalnya kl naik bis atau kereta jarak dekat ya mehong juga. mending jalan kaki biar sehaaat..
6. Makanan sehat. nahhhhh lidah saia  biasa makan yang rasanya gurih begetoo sampe sini nyari micin aja susah kl gak di toko asia dan camilan pun nggak ada perasa, pewarna buatan. hebaaaatt mknya makan camilan disini gak gampang serik atau sakit tenggorokan. kl lagi kangen makanan indonesia bisa makan di makanan malaysia cm ya gak sama juga rasanya atau makan di restoran india tp ya  gak biasa juga. biasa jajan bakso sama mie disini gak ada. buatpun rasanya gak sama. wekekkekee....
7. kl mau laundry 1 load aja isinya banyaak benerrrrrr...di Indonesia 1 load kecil. ini bisa nampung sampe 20 - 25 baju. dan harga cuci basah sama ngeringin gak sama. ada mesin pengering sendiri yang kita orang dewasa aja bisa masuk kesana saking gedenya. heee..*apa saia yang ndesoo yaaa..
8. kl parkir mesti tengok kiri kanan atas bawah apa benar parkir di tempatnya, bayar gak. jangan sampe gak bayar nnt datang surat cinta tilang. wekkekeke...
9. disini beberapa perempatan ada kameranya jadi siap2 aja yang melanggar lampu bisa langsung datang surat cinta pulaaa..
10. Kl malem lampu di daerah ( bukan di city ) kebanyakan redupp sekaleeeee...jarang ada yang terang benderang dan saia kebiasaan lampu terang dan dimana2. disini lampu redupppp sekaleee...soalnya bayar listrik juga mahal mending redup aja sekalian. atau mati sekalian. wekekekke...
11. Disini panggilan itu manggil nama jadi gak ada kyk sir, maam atau apa gt. kebanyakan nama kecuali kalo gelar kyk prof biasanya dipanggil prof.
12. Disini tidak ada nanny atau PRT. mesti dilakuin sendiri. dan hebantnya ibu2 disini sudah  kebiasaan anak banyak kerja pula dan bisa urus kerjaan dan rumah tangga. salut saiaaaa...
13. Disini tolnya gak bayar tapi ya kl jam pulang kantor sama berangkat kerja macet juga sama kyk tol di jakarta gt. naik bis jg kl pas jam rame bisa dusel2an kyk naik kopaja.
14. kl belanja jangan lupa tanya apa ada member atau nggak soalnya lumayan bisa dapet potongan. kl di Indonesia kadang males aja member kl gak terpaksa. wekekeke...
15. Cari makanan halal agak susah. harus di toko khusus dan harganya juga lumayan. meski ayam dan daging juga cari yang labelnya halal. ada beberapa institutsi di New Zealand yang kasi label halal. mknya sering2 tanya sama grup muslim di new zealand.
16. biasanya di Indonesia toleh kiri kanan udah banyak orang. disini sepiiiii benerr yaaaa..jarang orang lewat. di parkiran apartemen banyak mobil tapi gak pernah ketemu semua yang punya mobil ini. pada kemanaaaa'
17. Sebelum ke new zealand, saia belajar conversation selama 2 minggu tiap hari. dan enak2 aja pas belajr sama gurunya. ternyataaa disini logatnya beda. jadi toleh kiri kanan kl ngmg terutama sama orang lokal. krn pengucapannya beda. mirip sama film harry potter gitu. ligat inggris. jadi paling enak ngmg sama orang india atau cina lebih jelas ditangkepnya. wekkeke apalagi kl ketemu orang asia. heee.. sempet di bis supirnya bilang krn aq bawa stroller suruh duduk dibelakang. sampe 3x ngmg tetep gak ngeh dan ahirnya pake bahasa tubuh aja bahasa tarsan. wakakkakakka....ngmg  juga sama manager childcarenya sampe ahirnya dia bilang ngerti gak sih km..wakkaka..dan saya minta salah satu guru ngartiin bahasanya dia. wekekkee...butuh penyesuaian sepertinya. 


#adjustindonesiaauckland #penyesuaianauckland #perbedaanaucklandindonesia

0 komentar:

Posting Komentar

 

HAPPY MOMMY STORIES Template by Ipietoon Cute Blog Design