Daftar Kategori Blog

Sabtu, 30 Maret 2019

Playcentre Session Adik

Si adik ikut playcentre 2 term 6 bulan. Apa itu playcentre? Playcentre adalah salah satu ECE di NZ atau PAUD nya disana yang parents based selain playgroup. Jadi playcentre ini tujuannya agar keluarga terutama orang tua terlibat dalam pendidikan anak dan komunitas playcentre ini. Di playcentre semua bekerjasama. Orangtuanya adalah gurunya yang mendidik anak dan menjalankan playcentre.

Syarat umumnya harus resident atau citizen (beberapa ada yang non residen tetapi tergantung kuota dan keputusan playcentre masing2), diutamakan longterm join minimal 1 tahun ( tapi saya 6 bulan krn juga playcentrenya perlu orang ). Beda playcentre beda kebijakan jadi saya waktu itu kontak hampir semua playcentre di auckland apa bisa saya gabung krn saya non residen dan hanya gabung 2 term. Takapuna playcentre yang menerima saya walau agak jauh dan donasinya agak mahal dibandingkan playcentre lainnya. Diperlukan juga komitmen karena ada tugas yang harus dilakukan selain tugas bagian bersih bersih juga bagian dari tim office yang menjalankan playcentre. Rapat tiap 2 minggu untuk perkembangan anak dan perkembangan playcentre kedepannya. Jadi kadang waktunya memang dihabiskan di playcentre ini. Di playcentre diutamakan yang gabung dan ikut sesi adalah orang tua atau keluarga. Kalau perawat tidak diperbolehkan kecuali didampingi.

Ngapain aja di playcentre? disini bermain dan belajar. Bermain tidak hanya bermain tetapi juga bakal ada extend play. APa yang harus dilakukan tidak hanya main pasir menimbang pasir terus tetapi juga harus dikembangkan permainan lainnya sehubungan dengan pasir. Membuat report juga soal anak berupa narasi yang didalamnya ditulis apa saja yang dilakukan anak dan bagaimana anak meresponnya dan apa yang dilatih dalam permainan anak itu dan bagaimana mengembangkannya. Untuk yang residen diberikan pelatihan gratis sampai level 4. 1 level bisa 3bln-1 tahun dengan tugas. Selain itu juga sharing ilmu dan info soal pendidikan anak dan parenting sesama orang tua. Walau tidak dapat pelatihan gratis tapi dapet ilmu soal playcentre dan bisa pinjam buku, baca buku soal playcentre way yang bisa jadi masukan cara bermain anak dan bagaimana mengembangkannya. Untuk anak diatas 3 tahun dapet  sesi yang tanpa orang tua jadi si anak juga belajar percaya kepada orang lain. Untuk anak dibawah 2 tahun ikut sesi 2x seminggu dan untuk diatas 2 th bisa diatas 2x seminggu. Bayarnya $60 per term 10 minggu.

Si adik lebih seneng di playcentre dibandingkan playgroup karena halamannya luas dan permainannya banyak. orang orangnya lebih asik diajak kerjasama dan adik bisa mengembangkan motoriknya krn setiap sesi selalu berbeda jenis permainannya. Di setiap term ada juga event keluar playcentre. Si adik ke kebun binatang dan beberapa kali ke playground bermain disana.

Ini beberapa sesi adik di playcentre


Terima kasih teman playcentre adik. Di perpisahan terahir, si adik diberikan sertifikat attandance sebagai kenang2an dari teman2 playcentre.


#playcentreauckland
#playcentrenewzealan
#eceauckland
#paudauckland
#paudnewzealand
#hidupdiauckland
#kegiatananakauckland

0 komentar:

Posting Komentar

 

HAPPY MOMMY STORIES Template by Ipietoon Cute Blog Design