Daftar Kategori Blog

Rabu, 21 Februari 2018

Sekolah SD Kelas 1 (Year 1 Primary School) Persiapannya

Di New Zealand, Anak usia 5 tahun sudah dimasukkan ke sekolah SD dan itu pas ulang tahunnya. Jika pas ultahnya bukan term baru, si anak dimasukkan ke year 0 atau kelas 0 sambil menunggu ajaran / term baru. Daftarnya mudah saja tinggal isi formulir, bawa Paspor dan visa (harus student visa) dan menunggu email untuk kapan sekolah dan apa yang dipersiapkan. Di year 0 merupakan kelas penyesuaian sebelum masuk sekolah dan persiapan pelajaran.

Masuk sekolah SD juga ada wilayahnya dan diutamakan untuk orang yang tinggal di wilayah terdekat. Bisa juga yang non wilayah daftar tapi kesempatannya lebih banyak yang tinggal di sekitar wilayah sekolah. Sekolah juga ada ukuranny Decile. Semakin besar decile nya semakin besar subsidi pemerintahnya. Sekolah azka decile 1 karena lokasinya di city. Kebetulan saja tinggal dekat city jadi bisa sekolah yang decile 1. Kalau di Indo kyk sekolah di Pondok Indah. wakaa..padahal apalah saya ini ya student sajaa..haaa..

Si azka oktober 5 tahunnya dan masuk kelas 1 di Februari biar nggak nunggu terlalu lama dan Desember juga libur 6 minggu jadi lebih baik azka di daycare sampai term baru masuk. Sebelum year 1 ada kelas penyesuaian 3 hari disekolah. Boleh pakai seragam atau nggak. Disana cuma belajar saja dan penyesuaian. Banyak anak anak yang mengangis karena suasana baru. Hari pertama masih ditemani dan hari kedua bisa ditinggal. Cuma 2 jam aja sehari dan cuma 3 hari aja. Si azka hari pertama aman aja, hari kedua nangis ditinggal. sebenernya bukan karena ditinggal, karena dia pingin mainan di playground. Kebiasaan di daycare boleh main apa aja, nah pas sekolah kudu duduk manis dan ada waktunya kapan main kapan belajar. Masih penyesuaian, dan hari ke 3 juga sama nangis.

Pas hari pertama masuk, masih ditunggu sampai 30 menit sampai nggak nangis dan  mau ditinggal. Belajarnya cuma cerita dan main2 di ruangan. Suasananya pun enak jadi anak betah. Si azka udah 2,5 tahun di daycare jadi nggak terlalu susah penyesuaiannya di sekolah. Untuk anak yang belum pernah sekolah, mungkin sekolah di Auckland buat mereka bisa agak menantang karena waktunya yang lama 9-3 dan penggunaan bahasa inggris terus menerus. Ada guru ESOL buat nemenin anak yang baru belajar bahasa inggris, tapi namanya anak anak bakal lebih cepat belajarnya. Bisa juga dibantu sama orang tua yang mengajak berbicara bahasa inggris dirumah biar anaknya biasa mendengar bahasa inggris.

Perlengkapan yang disiapkan buat sekolah  :
1. Seragam (Baju, celana, topi, jaket ). Saya beli second saja karena yang baru mahal banget bisa habis $200an buat semuanya. Beli second dijual di sekolah cuma memang kadang ukurannya yang nggak ada.
2. Stationary set. Buku, kertas, Pensil warna dll satu set beli di Paper Plus semacam toko buku yang sudah kerjasama sama sekolah. Harganya $60 untuk year 1. nanti dikasikan satu tas ke gurunya dan gurunya yang akan atur
3. Bookcase. Ini tempat buku yang dibawa pulang isinya PR membaca dan jurnal baca. harganya $10
4. Bookchair. tempat buku di kursi buat naruh PR yang dibawa pulang.harganya $10

Sekolah azka masuk jam 8.55 pulang jam 3 sore. Terkadang ada assembly dimana murid2 dikumpulkan di hall dan ada sambutan dari kepala sekolah juga ada pemberian sertifikat buat murid yang berprestasi.

Nah, ngapain aja ni disekolah. Disekolah tujuannya belajar tetapi sambil bermain selama si bocah nyaman. Kalau nggak bisa mengikuti nanti bakal dievaluasi.

0 komentar:

Posting Komentar

 

HAPPY MOMMY STORIES Template by Ipietoon Cute Blog Design