Daftar Kategori Blog

Selasa, 23 Mei 2017

Adnan Newborn - 1 Bulan

cihuiii adnan udah sebulan aja. uda 40 hari kata orang jawa boleh jalan keluar. padahal udah jalan aja emaknya. cepet amat nak nggak kerasa sebulan yang lalu mami ni berjuang ngelahirin kamu lo.

Sebulan ini emaknya masih ngerasa nyeri di bagian panggul bawah. Dikasi obat juga sama bidan kayaknya ambeien dan pinggang sakit jadi nggak berani lama2 gendong. untungnya adnan anteng kalau ngantuk bisa tidur sendiri. Alhamdulillah nggak baby blues kayak waktu azka. happy2 aja bisa urus rumah sambil urus bayi. tapiii si azka jadi aq biarin jadi dah tabletnya keluar lagi liat video lagi. merasa bersalah juga si tapi ya sementara sampai emaknya enakan dah.

Azka seneng banget liat adiknya. kadang saking senengnya sampai nggak tau bahaya. adiknya dipukul, kadang digeret dan diloncati. Dibilangin pelan2 lama2 juga ngerti bahaya dan mesti diawasi. kadang emak ni sumpek sering banget si azka kena marah. abis capek juga urus bayi mana yang besar rewel kadang buat adiknya bangun dari tidurnya. padahal moment berharga loo bayi tidur itu buat emaknya. azka libur 2 minggu soalnya ayah ke indonesia dan emaknya nggak bisa anter jemput padahal kata midwife boleh aja anter jemput tapi nggak pede juga.

Proses menyusui selama sebulan ini penuh perjuangan. walau nggak parah2 juga. aq pikir menyusui karena sudah pengalaman nggak bakal sakit. ternyata sama aja sakit dah sampe pas awal bisa nendang2 apa aja yang bisa ditendang saking sakitnya. sama bidan dihitung sampe 10 hitungan kalau masih sakit bakal dicek. kalau nggak itu wajar aja. puting sakit pula lecet ahirnya dikasi minyak kelapa. daripada beli nipple cracking cream mahal dah.heee..Alhamdulillah da nggak lecet dan cepet keringnya. Si adik pinter nenennya.

Soal ASI, semua ibu pas awal asi nya banyak bener. banyak saking banyaknya sampai sakit dah. soalnya awal memang dipompa karena belum keluar, karena aq pikir biar aja dah dipompa tar disimpen. ternyata sakit boooooo..sakiitt..mendingan cukup buat bayi daripada banyak emaknya sakit kecuali kalau kerja memang perlu mompa asi. Lagian si adnan kalau asinya banyak awal2 nggak mau minum sampai kena ke muka juga. haaa..ampun dah ni anak nggak sama kyk masnya. kalau si azka walau banyak tetep aja dah nenen nggak pake marah.beda anak beda ternyata termasuk cara nenennya. Sempet kena masitis. awalnya ber 3 aja dirumah. rasanya menggigil panas dingin alhamdulillah si azka bisa dimintai tolong ambil obat dan si adik pas bobo jadinya bisa tiduran. Awal aq kasi paracetamol mendingan bisa berkurang. Sambil kompres air dingin. kaku dah ni PD. Besoknya bidan datang dan dikasi obat antibiotik disuruh habisin seminggu. Paracetamol, ibuprofen sama antibiotik. Ubah posisi menyusui dan pijat2 daerah yang bengkak. Sakitnya masa ampun dah dan Alhamdulillah seminggu enakan udah.

Midiwife visit sampai 6weeks dan tiap minggu datang. cepet juga sudah 6weeks. Ditanya masalah menyusui, pelekatan dan kondisi psikologis seperti bisa tidur tidak dan bagaimana dengan makanan juga apakah ada kemungkinan pospatrum depresion. Alhamdulillah aman dan nyaman aja selama 6weeks seneng banget ada yang dateng tiap minggu walau cuma midwife buat nengok 10 menit aja sekali datang.haaa..

Dalam sebulan adnan naik 1 kilo jadi 4,55 kilo. Dibandingkan si kakak dl waktu sebulan naik hampir 2 kilo padahal asi juga banyak. coba aja bulan ke 2 bagaimana ni kenaikan kakak.

Beberapa minggu setelah lahir, si adnan pipinya merah merona dan jadi seperti jerawat kecil2 banyak. Awalnya seperti di Indonesia mungkin karena kena asi jadi dibersihkan saja dengan air hangat tapi lama2 kok jadi banyak ya.hemmh..ahirnya tanya bidan disuruh kasi lotion untuk kulit kering dan itu hormonal aja jadi bakal hilang seiring waktu kecuali kalau sudah 2 bulan lebih nggak hilang harus cek sapatau penyakit kulit. Selain itu juga ada semacam ketombe (cradle crap) dikepala. dibersihkan juga hilang dan datang lagi. Dibersihkannya dengan minyak kelapa, jangan lama2 sebentar saja terus digosok dengan cutton bud dan dibilas dengan air.

Si adnan Alhamdulillah nggak bangun malam.bangun hanya nyusu 2 jam sekali. kalau pagi bisa 1 sampai 1,5jam sekali nyusu. Tapi ni bocah nggak terlalu suka pas PD kencang, jadi harus dipompa dulu sedikit.

Adnan latihan juga buat tegakkan kepala. Jadi sehari selama semenit ditengkurapkan dan belajar menegakkan kepala. awalnya ngeri juga ampun dah.haaa...ahirnya nggak rutin paling 3 hari sekali aja belajar tengkurapnya




Alhamdulillah adnan udah aqiqah kebetulan ayah pulang nikahan adik ipar jadi bisa diaqiqahin sekalian. Udah tuntas dah aqiqahnya nggak kepikiran lagi.4 juta untuk 2 kambing di aqiqahkan di magelang.

Karena disini nggak ada keluarga, positifnya nggak ada yang ngomel2 kalau si bayi diajak jalan.haaa..perdana ni si bayi jalan ke devonport naik boat sama si kakak. makan chips dan baca buku di perpus. Si bayi dikasi baju rangkep2 dah biar nggak masuk angin. stroller juga tertutup rapat.

Ada yang sedih selama sebulan ini ditelpon sama rumah sakit, si adnan waktu screening awal positif cystic fibrosis dan harus dilakukan tes ulang untuk mengetahui apakah benar positif atau hanya carrier saja. hemhh nunggu panggilan buat tes si adnan ini. Cystic fibrosis dibahas di blog ini juga.

aww dapet kado dari nipper buat si adnan, handuk dan boneka gajah. Thank you nipper. seneng banget dah selama ini didukung juga sama nipper family.

Adnan 6 bulan harus imunisasi dan dicek juga fisik keseluruhan mulai kepala sampai kaki. Imunisasinya rotavirus, IPD, hepatitis dan beberapa lainnya (3x suntikan) kali ini bareng sama kakaknya yang juga suntik di 4 tahun.

My lovely midwife marcella. Makasih buat dukungannnya.


0 komentar:

Posting Komentar

 

HAPPY MOMMY STORIES Template by Ipietoon Cute Blog Design