Daftar Kategori Blog

Rabu, 12 April 2017

Masitis Menyusui

2 minggu setelah adnan lahir, menyusui masih terasa sakit. sama aja ternyata anak pertama dan kedua pas menyusui masih sakit, Puncaknya pas tiba2 badan kerasa menggigil panas dingin dan pas itu suami lagi nggak dirumah pula. Rasanya mau pingsan aja dah. Alhamdulillah ada si kakak yang bersedia ambilkan obat parcetamol dan jaket biar g kedinginan dan si adek tertidur pulas pas itu. langsung kontak suami minta cepat balik dan bikinin teh biar anget. Telpon temen yang punya anak kecil dan dia bilang dikompres air hangat dan dingin. Langsung dah kompres dan pompa.

Alhamdulillah besoknya bidan dateng dan langsung lihat kondisi. Karena ada benjolan dan untungnya masih agak lembek dan nggak keras, masih bisa diobati pakai antibiotik dan nggak perlu ke rumah sakit. Kalau yang parah mesti ke rumah sakit buat ngeluarkan sisa susu yang membuat benjolan. selama masih bisa dipompa tetap dipompa dan dikosongkan payudaranya. 

hemhh langsung berfikir apa karena dipompa pas adnan masih di rs setiap 2 jam sekali dan memang dapetnya banyak juga 40ml sampai 80ml lama2 dan pas PD kenceng juga tetep dipompa walau adnan nggak minum sebanyak itu juga.

Jadi penanganan pas aq kena masitis :
1.  Minum antibiotik resep midwife 1 hari 4x per 6 jam sekali harus habis
2. Dikompres PD pas menyusui pakai kompres dingin dan setelah menyusui kompres hangat. 
3. Pas PD Kencang bisa pakai kubis untuk mengurangi produksi payudara tapi hanya 10 menit saja jangan lama2 nanti bisa berkurang drastis
4. Marmet alias perah tangan manual jangan dipompa pas PD penuh karena kl pompa bakal merangsang ASI produksinya lebih banyak. 
5 Tetap menyusui bayi di PD yang kena masitis walau rasanya nyeri2 gimana gitu tetep disusukan 
6. Ganti posisi menyusui kalau awal sambil tiduran, sekarang sambil duduk dan posisikan bayi menghisap pas ditempat adanya benjolan biar cepat hilang benjolannya



Alhamdulillah 3 hari udah enakan dan bidan tetap pantau setiap hari.Baik bener ni bidan ya.hee..

0 komentar:

Posting Komentar

 

HAPPY MOMMY STORIES Template by Ipietoon Cute Blog Design