Daftar Kategori Blog

Minggu, 26 Maret 2017

Adnan Kuning ( Jaundice ) Golongan darah Beda dan Sufor

Habis melahirkan jam 3 langsung istirahat, dijahit dan bayi mulai ditaruh disebelah mulai bisa rawat gabung. Udah mikir aja pasti abis ini enak dah dibawa ke birthcare bisa istirahat santai dan bisa nyusuin adnan enak. Ehh ternyata karena adnan proses lahirannya mengalami stress didalem, ketuban keruh dan pas lahir nggak bernafas jadi mesti dicek gula darahnya sampai besok pagi. Aq nya juga mengalami pendarahan berat jadinya mesti stay di rumah sakit sampai besok. 

Jam 7 malem pindah dari birthing suit 7 lantai 9 ke Tamaki Ward kamar 15B lantai 10. Sekamar berdua dan pas itu masih sendiri aja ditemani sama pemandangan yang sama bagusnya seperti di kamar bersalin. Kiri ada sky tower dan kanan ada laut. Kalau pas cerah bagus bener dah. Mulai istirahat dan nyusuin adnan. Perawatnya pas jaga malam kebetulan muslim dan ponakannya ada yang namanya adnan. Mulai bangun per 2 jam buat nyusuin dan adnan juga diambil darah dikaki buat cek gula darahnya sama suhu tubuhnya. Emaknya dicek pendarahan, suhu tubuh, kadar oksigen dan tekanan darah. Dicek juga apa asi sudah keluar. Ternyata Alhamdulillah sudah ada sedikit dan bisa disusuin.

Besoknya ternyata Alhamdulillah pendarahan berkurang dan cateter bisa dilepas. Wuii banyak juga pipisnya padahal rasanya nggak pipis.Adnan juga gula darah normal. Tapi ada yang aneh dan bidan juga bilang kalau adnan kuning padahal mestinya wajarnya kuning di hari ke 3 apa ya. Ini belum 24 jam udah kuning. Langsung belum boleh pulang mesti tes darah dulu. Mulai deh deg2an mana juga belum pup seharian.

Hasil tes darah keluar, ternyata bilirubinnya tinggi 180an penyebabnya karena golongan darah adnan sama aq beda. Mirip kasusnya sama azka dulu jadi mesti disinari sampai bilirubinnya normal lagi. Untungnya disinarinya sambil bisa disusuin dan tetep satu ruangan. Disinari mulai siang pakai 2 lampu dan bakal dicek sampai 24 jam jadi mesti stay lagi semalaman. Bangun per 2 jam nyusuin dan seringnya lupa dibalikin lagi ke kotak lampunya jadinya nggak maksimal mungkin ya dan adnan juga sering lepasin penutup matanya mungkin juga nggak nyaman. Kali ini biar nggak keluar masuk jadi pakai tambahan susu formula karena kalau disinari bakal sering haus dan minum. oalah disini kena juga susu formula tapi percaya aja dokternya nggak bakal kasi saran kalau memang nggak urgent. Sufornya diberikan nggak di dot tapi lewat selang dikasi ke mulutnya kadang pakai cup feeder sesuai request. Awalnya memang ditawarin dibotol tapi kalau minta bisa lewat selang atau media lainnya. Mulai pompa memompa. Awalnya cuma dapet 20ml aja dan disimpen dikit2. Sama bidan tetap disusuin dulu terus baru dikasi hasil perahan dan susu formulanya sisanya sampai kenyang. Sufornya sekali kasi maksimal 50ml aja. kadang juga nggak habis.

Besoknya tes darah lagi dan hasinya ehhh malah tinggi jadi 200an. Wuikkk mesti dikasi tambahan lampu lagi jadi 3 lampu plus matras hangat dibawah yang mesti dibawa kalau keluar dari lampu. dilihat perkembangannya sampai 24 jam.Nah ni malem diawasi bener sama suster. Susternya orang pasifika kyknya galak pula. bener2 nggak boleh keluar masuk si bayi kecuali minum aja itu juga di kasi jam dan harus nulis di formnya jam berapa aja keluarnya. Plus juga dikasi tambahan susu formula tapi aq juga harus mompa walau sedikit gpp awalnya cuma 20ml aja padahal sudah 15 menit kiri dan kanan. Yang dikasi duluan hasil pompanya sisanya pakai susu formula cuma 40ml sekali kasi susunya per 2 jam. Trus karena dilihat lumayan juga 20ml per 2 jam ahirnya sama susternya disuruh mompa per 2 jam tapi per payudara 30 menit jadi bisa memenuhi kebutuhan top up nya jadi 40 sampai 50ml per 2 jamnya.Kali ini bidan semua yang ngelakuin dan jadi kurang tidur soalnya mesti mompa asi per 2 jam dan butuh 1 jam buat mompa padahal tetep aja setengah jam soalnya ngantuk berat dah. Dapetnya tetep 20 sampai 30ml sekali mompa.

Yap mulai tes darah lagi pagi2. Hasilnya Alhamdulillah sudah mulai turun jadi 160an. tapi memang tetep dipantau. Awalnya alatnya mau dilepas dan dicek sampai besok. Tapi ahirnya dokter balik dan memutuskan hanya melepas 2 lampu dan disisakan 1 lampu saja. Tetep mompa dan kali ini lumayan banyak 15 menit per 2 jam dapetnya bisa 40ml sampai 50ml untuk 2 payudara. Wah leganya..karena lumayan jadi kadang malem nggak pakai susu formula murni asi aja langsung dan hasil perahan. Mulai penutup mata adnan udah nggak seret lagi dan mulai bosen banget didalem tempat treatment. Tidur mulu kerjannya jarang bangunyya dah. kasian juga liatnya pas aq buka penutup matanya kayaknya seneng banget denger suara2 dan lega gitu. Oalah nak semoga cepet pulih ya.

Tes darah lagi ini hari ke 4. Mudah2an bagus bisa pulang. Alhamdulillah 155. Sudah turun lagi. Sudah nggak perlu disinari dan bisa pulang dah. Horaayyy...Seneng banget si adnan dilepas penutup matanya dan mulai dan pupnya hitam dan banyakkk banget. Alhamdulillah semoga lekas membaik dah. Beratnya juga turun jadi 3,4 kilo yang awalnya 3,45 cuma turun 1% aja normal aja kalau nggak sampai 10% turunnnya. 

Kali ini pingin coba ke birthcare dan ternyata nggak bisa soalnya sudah 4 hari di rs dan terlalu beresiko ibu dan anaknya jadinya kalau mau tetep disuruh bayar. Oalah ya..ya udahlah pulang aja lagian udah pinter juga nyusuin.hee..lumayan ni pasokannya bakalan banyak soalnya sering dipompa. 

Semua biaya perawatan adnan dan aq ditanggung gratis tis tis..pulang dengan tenang dah.heee..

Makanan di rumah sakit enak sih cuma lupa kalau ada opsi makanan halal jadinya pesen yang vegetarian. Enak juga sih tapi tetep kangen sama nasi.

#melahirkananakkedua
#melahirkannewzealand
#melahirkanauckland
#komplikasimelahirkan
#bayikuningjaundice
#golongandarahibubayibeda
#bayikuningsufor



0 komentar:

Posting Komentar

 

HAPPY MOMMY STORIES Template by Ipietoon Cute Blog Design