Daftar Kategori Blog

Kamis, 25 September 2014

Hasil seminar parenting - Komunikasi dengan anak

Tgl 13 september perdana ikutan seminar parenting yang diadain sama salah satu penerbit buku di indonesia. awalnya pgn banget ikutan seminar parenting tp kok ya gak ketemu2, ehh gara2 beli baju di tetangga jadi ketemu deh sama emak2 cantik yang nawarin seminar. harganya terjangkau 175rb per orang dapet buku cerita dari penerbit tadi hardcover. ternyata seminar ini banyak menambah ilmu baru sebagai orang tua.saking semangatnya cerita sama sesama emak2 di kiri dan kanan jadi ditegur sama pembicaranya..wakakaka..

awaln dimulai dari perkenalan antar sesama yang ikutan seminar. ternyata banyak yang anaknya sudah 2 dan umur anak 1 udah diatas 6 tahun, yang kedua udah 2 tahun keatas, ada juga yang masih bayi. dari ceritanya emak2 di sebelah kiri dan kanan saya yang kebetulan dua duanya berprofesi dokter anaknya udah 7 tahun sama2 lagi dalam masa rewel alias udah banyak tanya sampe jengkel juga dan anaknya sampe pada bilang mama gak sayang aq ya..ternyata masa 7-13 tahun itu masa anak punya critical factor jadi mulai bisa berfikir jadi orang tuanya harus bisa menjelaskan dengan benar.

ada kata2 yang bagus dari kak seto " Untuk membenagi sikap yang salah pada anak, orang tua semestinya membenahi diri mereka terlebih dahulu ". hemmh jadi introsepksi diri. tapi dipikir qt juga didikan ortu yang dimana ortu qt gak dapet ilmu gini jadi bentukannya beda2 walau kayak sy jarang dapet pelukan dan ciuman tapi bisa tetap jadi orang yang gak aneh2..heee.tapi itulah gunanya ilmu dan kemauan kita dalam berubah dan mencari ilmu agar bisa lebih baik dalam mendidik anak sesuai dengan masanya. seperti puisi kahlil gibran judulnya anak - anakmu

Anak-anakmu bukanlah anak-anakmu
Mereka adalah anak-anak kehidupan yang rindu akan dirinya sendiri
Mereka terlahir melalui engkau tapi bukan darimu

Meskipun mereka ada bersamamu tapi mereka bukan milikmu
Pada mereka engkau dapat memberikan cintamu, tapi bukan pikiranmu
Karena mereka memiliki pikiran mereka sendiri

Engkau bisa merumahkan tubuh-tubuh tapi bukan jiwa mereka,
Karena jiwa-jiwa itu tinggal di rumah hari esok, yang tak pernah dapat engkau kunjungi meskipun dalam mimpi

Engkau bisa menjadi seperti mereka, tapi jangan coba menjadikan mereka sepertimu
Karena hidup tidak berjalan mundur dan tidak pula berada di masa lalu
Engkau adalah busur-busur tempat anak-anakmu menjadi anak-anak panah yang hidup diluncurkan

Sang pemanah telah membidik arah keabadian, dan ia meregangkanmu dengan kekuatannya sehingga anak-anak panah itu dapat meluncur dengan cepat dan jauh

Jadikanlah tarikan tangan sang pemanah itu sebagai kegembiraan
Sebab ketika ia mencintai anak-anak panah yang terbang, maka ia juga mencintai busur yang telah diluncurkannya dengan sepenuh kekuatan.

Intinya qt adalah busur yang membantu anak  anak kita hidup dimasanya yang akan datang. jadinya qt harus mau mencari ilmu yang sesuai dengan masa yang sekarang untuk bekal masa depannya , termasuk ilmu parenting yang bagi saya yaitu ilmu agama dan ilmu psikologis yang harus diketahui orang tua dalam mendidik anaknya. oia 80% otak kita yaitu dipengaruhi alam bawah sadar. jadi itu yang dimanfatkan dalam parenting jadi  masuk ke alam bawah sadar anak2 terutama di periode emas 0-3 th .

Di seminar, disebutin juga untuk melakukan Re-programming dalam mendidik anak dengan cara :
1. Re - programming orang tua
Orang tua harus introspeksi diri dalam berinteraksi dengan anak, berikan sentuhan lembut, kata2 lembut yang tidak mengkritik, intonasi perkataan penuh keyakinan tetapi dengan kasih sayang.
2. Re-programming anak
orang tua menghabiskan waktu dengan anak tetapi juga orang tua harus melakukan re - programming di atas sebelumnya. menghabiskan waktu dengan membacakan cerita, bermain bersama, berolahraga bersama. dengan ini akan meningkatkan bonding antara anak dan orang tua. selain itu lakukan hypnoparenting pada saat anak mulai tidur dengan membisikkan kata2 yang positif kepada anak.
oia membacakan cerita paling baik sebelum tidur siang dan malam dan membacakannya buku yang ada "nilai" nya kyk ada tuntunan yang baik dalam cerita itu. 

Anak- anak memilki kecenderungan yaitu bisa visual, auditory atau kinetik.visual umumnya senang dengan penampilan dan senang membaca buku, auditory senang dengan musik atau kata2 dan kinetik lebih senang dengan gerakan. dengan mengetahui kecenderungannya, maka bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan anak
Visual :
Kunci : Perlihatkan, jangan terlalu banyak bercerita
Kata - kata : gunakan kata2 yang berhubungan dengan gerak visual seperti kelihatannya, lihat, perhatikan, bagus, jelas
Fisiologis : Gunakan gerak tangan di udara, gambar diatas kertas atau papan tulis
Suara : gunakan gaya bicara cepat
Auditory :
Kunci : Tekankan pada sisi auditory setiap apa yang anda sampaikan
Kata - kata :kedengarannya, terdengar
Fisiologis : Gunakan bahasa tubuh yang menunjang ritme kata2 yang diucapkan
Suara : Ritmis
Kinestetik:
Kunci : Beri benda2 yang bisa disentuh, beri mereka kesempatan mencatat dan melakukan sesuatu saat berkomunikasi dengan anda
Kata - kata : merasa, menangkap, berpikir, berperasaan
Fisiologis :lakukan kontak fisik dengan anak
Suara : Dalam
Semua anak punya kecenderungan dari 3 sifat diata, tapi pasti ada yang dominan yang dimikiki anak2 dari ketiga sifat diatas tadi.

Jika ingin mengenal anak dan berkomunikasi dengan baik dengan anak, lakukan matching and mirorring technique yaitu melakukan gerakan dan bahasa tubuh seperti anak kita. saat anak kita tiduran, coba berbicara sambil tiduran, saat anak kita berbicara dengan mengerakkan tangan, coba menggerakkan tangan juga, bisa seluruh tubuh atau sebagian tubuh.

ini masih aq terapin juga ke azka, mgkn azka masih 2 tahun jadi masih panjang..heee aq mulai dari sering bacain cerita pas mau bobo malem. soalnya siang kerja sih..hikzzz dilema ibu bekerja.

0 komentar:

Posting Komentar

 

HAPPY MOMMY STORIES Template by Ipietoon Cute Blog Design