Daftar Kategori Blog

Kamis, 07 Januari 2021

Kejadian 2020 dan Hikmah yang bisa dipetik di 2020

 Tahun 2020 merupakan tahun yang banyak pelajaran yang bisa diambil. Tahun yang menggugah emosi jiwa dan raga. Tahun yang membutuhkan semangat belajar dan perubahan yang tinggi. Tidak hanya bagi diri pribadi, tetapi juga bagi semua orang didunia ini. 

Beberapa hal yang terjadi dan bisa diambil hikmah di tahun 2020 ini adalah : 

1. Adanya pandemi Covid - 19

Covid 19 ini merupakan pertama kali selama saya hidup mengetahui adanya pandemi. Kaget di awal karena memang belum pengalaman apa2 juga belum paham secara teorinya. Kejadian covid selama tahun 2020 ini karena baru, ada beberapa hal yang terjadi :
a. Teori konspirasi, yang membuat sebagian orang abai. Membuat sebagian orang merasa ini hanya konspirasi. Sehingga tidak menjalankan protokol ksehatan yang benar.
b. Artis dan orang terkenal terkena covid. Dunia dihebohkan dengan adanya artis, pemain sepakbola sampai pejabat yang terkena covid dan sampai ada yang meninggal dunia. Ada yang langsung tersadar dan menjalankan protokol dengan benar, ada yang tetap juga dengan pendapatnya sehinga masih abai. 
c. Kejadian ahir tahun yang membuat kasus makin banyak juga beberapa rumah sakit yang penuh. DI berita dan web resmi pemprov terutama pemprov jatim, ketersediaan rs untuk ruang isolasi covid hampir full. Kasus semakin banyak, nakes banyak yang terpapar dan ada yang meninggal. 
d. Pemerintah selalu mensosialisasikan protokol kesehatan dan mengurangi liburan ahir tahun. Pembatasan mobilisasi dan pengetatan protokol kesehatan dengan adanya swab hunter di Surabaya dan denda bagi yang tidak pakai masker dan mengharuskan adanya hasil rapid antigen untuk yang berpergian liburan keluar kota. 
e. Vaksin datang. Berita bahagia dan secerah harapan dengan adanya vaksin yang datang dan ada yang sudah selesai trial klinisnya sehingga bisa didistribusikan. 

Dengan adanya pandemi ini, ada beberapa hal yang bisa diambil dan dijadikan pelajaran berharga untuk tahun kedepannya : 
1. Perlunya kita menyadari bahwa kita sedang berada di VUCA world dimana kejadian yang berubah cepat yang mengharuskan kita untuk bisa bertahan dan memiliki strategi bertahan yang cepat, tepat dan benar. 
2. Semakin mendekatkan diri ke ALlah dan belajar sabar juga ikhlas. Sabar dirumah saja, tidak melakukan kegiatan yang tidak sesuai protokol. Ikhlas melakukan sesuatu dan tidak mengharap dari manusia, karena saat kita megedukasi atau membantu seseorang selama pandemi ini, ada saja orang yang berseberangan dan membuat kita seakan2 ingin mundur, padahal yang kita lakukan itu baik dan demi kepentingan banyak orang.
3. Lebih memahami konsep ilmiah dan science. Belajar lagi apa itu science, apa itu ilmiah dan bagaimana menarik kesimpulan dari sisi ilmiah. Belajar juga statistik, data dan jurnal. Makin memahami juga konsep science. Sesuatu yang tidak terlihat, bukan berarti tidak ada. Perlunya penelitian yang benar. Perlunya uji klinis yang tepat. Ini juga fitrah manusia, fitrah bernalar untuk mengetahui konsep yang ada dari alam. 

2. Pembelajaran Online / Daring

Tahun ini menyesuaikan dengan pembelajaran daring, memahami bagaimana menggunakan zoom, google meet, google duo, google classroom dan lainnya. Dengan adanya kemudahan ini, banyak pelatihan yang dilakukan online dengan harga terjangkau. Saya di pandemi ini mendapatkan pelatihan Fitrah based education dan fitrah based life Ustadz Hari Santosa. Mendapatkan pelatihan Tallents Mapping Basic dan Dynamic Abah Rama. Mendapatkan sertifikasi AWP dan pelatihan RFP keuangan. Semua mudah karena adanya pembelajaran online. 
Untuk anak - anak juga adanya pembelajaran daring, bagi saya selama pembelajaran daring, saya tidak menuntut banyak anak - anak untuk mendapat nilai baik, selama daring ini yang saya dapatkan dari anak - anak :
1. Bisa mengembangkan bakatnya. SI kakak bisa main lego dan buat karya sebanyak mungkin.
2. Bisa belajar coding dan robotic dari rumah dan menyenangkan. 

3. Kehilangan Teman dan Saudara selama 2020

Selama tahun 2020, saya kehilangan 1 teman saya mbak syva yang saya kenal di auckland. Tante tersayang saya tante ana yang berpulang dan pakdhe saya juga yang mendadak sakit kemudian meninggal. Tahun 2019 saya kehilangan papa saya, tahun ini 2 keluarga saya dan 1 teman saya. Makin semangat mencari akhirat. Memanfaatkan waktu yang ada untuk tujuan akhirat. Tujuan langit. Melakukan amal baik selama masih diberikan kesempatan. 

Tahun 2020 adalah tahun pandemi, VUCA World bagi saya. Menyadarkan kalau hidup itu sementara, keluarga dan kesehatan itu penting. Amal sholeh dan tujuan langit, misi hidup itu penting. Manfaatkan waktu yang ada dalam amal sholeh dan berkumpul dengan keluarga itu yang utama selain mencari nafkah. 




#pandemi2020
#hikmahpandemi2020
#corona2020
#covid2020hikmah
#kejadian2020hikmah
#hikmah2020

0 komentar:

Posting Komentar

 

HAPPY MOMMY STORIES Template by Ipietoon Cute Blog Design